Rugi dua tahun bertahun berturut – turut menjadi alasan PT Unisem

(SPN News) Batam, PT Unisem mengumumkan akan tutup operasional di Batam. Surat yang beredar tertanggal 28 Juni 2019, dan ditujukan kepada seluruh karyawan PT Unisem, Presiden Direktur PT Unisem, Mike McKerreghan mengatakan, alasan penutupan karena kondisi bisnis yang terus menerus sulit.

Akhirnya, dewan direksi PT Unisem dan Unisem BHD memutuskan untuk menghentikan operational perusahaan.

“Walaupun belakangan ini investasi cukup banyak dilakukan, tapi keputusan sulit ini harus diambil sehubungan prospek bisnis sejak Q3 2018 terus memburuk dan pendapatan terus menerus turun,” kata Mike dalam pemberitahuan tertulisnya.

Dengan ketidakpastian kondisi perdagangan dunia, kecil harapan pendapatan PT Unisem Batam akan cukup membaik di tahun 2019. Sehingga menyebabkan keputusan sulit itu harus diambil perusahaan.

Baca juga:  PELATIHAN KEPEMIMPINAN SERIKAT PEKERJA NASIONAL PT KADU JAYA PERKASA

PT Unisem Batam dahulunya bernama PT Astra Microtronics. Perusahaan ini berdiri di Batam tahun 1991. Selama 28 tahun ini, Mike mengatakan, pihaknya sudah menghadapi banyak tahun-tahun baik dan buruk.

“Kita juga telah mengalami pertumbuhan dan ekspansi yang luar biasa.

Tapi saat ini kita harus menghadapi situasi pasar yang buruk dan biaya yang terus meningkat,” ujarnya.

Dalam minggu ini, pihaknya juga akan memberitahukan kabar tutupnya perusahaan dengan seluruh customer mereka.

Terkait tutupnya perusahaan, mereka juga sudah memberitahukan kepada serikat pekerja di sana, dan akan menjadwalkan pertemuan untuk membicarakan paket pembayaran sehubungan dengan penutupan. Perusahaan berjanji akan menyelesaikan hak-hak karyawan.

“Seperti selalu menjadi dasar bisnis saya di negara manapun, undang-undang yang berlaku di negara tersebut akan saya taati,” kata Mike.

Baca juga:  HARI KE 3 UNRAS UMSK, BUPATI KABUPATEN BOGOR TETAP ENGGAN KETEMU BURUH

Senada juga disampaikan Manager Admin and General Affair PT Batamindo Investment Cakrawala, Tjaw Hioeng. Terkait penyelesaian hak-hak karyawan PT Unisem, perusahaan akan menyelesaikannya sesuai Undang – Undang Ketenagakerjaan.

Sementara itu, dalam masa transisi, Mike meminta kepada karyawannya untuk tetap mendukung pelayanan perusahaan kepada customer, yang sudah mempercayakan material dan beberapa mesin mereka kepada perusahaan.

SN 09 dikutip dari berbagai sumber/Editor