Ribuan buruh dari PT IL JIN SUN Purwakarta menggelar aksi mogok kerja mulai (30/7/2018) sebagai protes karena upah mereka tidak dibayarkan selama dua bulan

(SPN News) Purwakarta, ribuan buruh dari PT IL JIN SUN Purwakarta menggelar aksi mogok kerja dimulai Senin (30/7/2018) sebagai protes karena belum di bayarnya upah para buruh selama dua bulan terakhir. Para buruh itu enggan melakukan aktivitas kerja sebelum ada keputusan dari Management PT IL JIN SUN.

Seorang buruh yang turut melakukan aksi mogok kerja, Suhaeti (28) mengatakan perusahaan belum membayarkan upah dengan alasan tidak memiliki uang. Padahal, pabrik yang bergerak di bidang garmen ini masih melakukan ekspor barang hasil produksinya.

Baca juga:  PEREMPUAN HARUS BERANI MENUNTUT HAKNYA

“Sebelumnya tuntutan buruh atas upah yang belum dibayarkan ini sudah disampaikan dengan melalui serikat pekerja. Namun, tidak ada tanggapan sehingga kami mogok kerja,” katanya saat ditemui disela aksi di depan pabrik, Jalan Raya Bungursari, Bungursari, Purwakarta.

Tak hanya itu, dirinya juga mengatakan, hampir satu tahun terakhir buruh perusahaan asing itu upah bagi pekerjaannya dibayar tidak tepat waktu bahkan dicicil. Namun hal itu bagi para buruh tidak terlalu dipermasalahkan.

Selain tidak membayar upah para buruh, perusahaan asal Korea itu selama tiga tahun terakhir tidak membayarkan hak hak buruh. Seperti diantaranya BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan, uang lembur dan bonus hingga cuti tahunan.

Baca juga:  SURAT SAKTI EDARAN MENAKER MENETAPKAN UPAH MINIMUM DI BANTEN

Shanto dikutip dari tribunnews.com/Editor