(SPNEWS) Subulussalam, Serikat Pekerja Nasional (SPN) Subulussalam Nangro Aceh Darussalam memperingati Mayday atau Hari Buruh Internasional secara seremonial yang dilaksanakan di Sekretariat DPC SPN Kota Subulussalam (01/05/21).

Dalam kegiatan May Day yang dihadiri langsung oleh Walikota Subulussalam H. Affan Alfian Bintang, Sekretaris Komisi B DPRKSubulussalam Karlinus, Perwakilan Disnakertrans Kota Subulussalam, Camat Penanggal Hotma Capah serta Kapolsek Penanggalan Iptu Evizar.

SPN Kota Subulussalam menyampaikan tuntutannya, yaitu :

1. Jumlah Pekerja/Buruh di data dengan valid dan akurat dengan melibatkan perangkat kampong.

2. Prioritaskan pekerja lokal sesuai kemampuan SDM yang ada.

3. Adanya pendampingan terhadap karyawan agar dapat menerima SK dari pihak perusahaan tempat kerja dan kepastian telah terdaftar sebagai peserta BPJS.

Baca juga:  5 POINT PELAKSANAAN THR 2019

4. Pemberian THR wajib diberikan sesuai batas waktu yang diatur dalam PP 36 tahun 2021 tentang kebijakan pengupahan.

5. Pembayaran gaji disertai rincian tunjangan gaji sesuai PP 34 tahun 2021 tentang perlindungan upah.

6. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Subulussalam diharapkan memberikan pelatihan dan sosialisasi tentang Undang-Undang Ketenagakerjaan serta bekerjasama dengan Serikat Buruh/Serikat Pekerja khususnya dengan DPC SPN Kota Subulussalam.

7. Bagi Perusahaan diharapkan memberikan upah kepada buruh sesuai dengan UMP yang berlaku di Provinsi Aceh.

8.DPC SPN Kota Subulussalam meminta agar penerapan Resolusi SPN dapat terlaksana di Kota Subulussalam yaitu Job Security (Kepastian Pekerjaan), Income Security (Kepastian Pendapatan), Sosial Security (Kepastian Jaminan sosial)

Baca juga:  KUNJUNGAN KERJA DPP SPN KE DPC SPN KOTA SURAKARTA

Walikota Subulussalam H. Affan Alfian Bintang memberi apresiasi kepada Pengurus SPN Subulussalam yang selalu berkoordinasi dengan pemerintahan kota dan berjanji akan melindungi hak-hak buruh dalam mendapatkan pekerjaan, termasuk melindungi dari tindakan PHK oleh pihak pengusaha.
“Kami dari pemerintah akan melindungi hak-buruh, tanpa buruh kita tidak bisa membangun kota subulussalam ini.” ungkapnya

Dalam kesempatan itu Walikota Subulussalam juga menyerahkan bantuan tali asih berupa 50 paket ramadhan beserta uang tunai kepada buruh di lingkungan SPN sebagai bentuk rasa kepedulian dan berbagi kepada sesama di bulan yang penuh berkah.

SN 08/Editor