SPN News, Morowali, 14 Juni 2024 – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Nasional (SPN), Iwan Kusmawan, SH, mendesak aparat penegak hukum untuk melakukan investigasi secara transparan terkait insiden ledakan tungku di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) pada Kamis (13/6) malam.

“Kami meminta aparat yang melakukan investigasi terkait dengan kejadian meledaknya tungku di kawasan PT.IMIP untuk transparant dalam melakukan Penyelidikan, mengingat meledaknya tungku bukan baru yang pertama,” tegas Iwan.

Iwan menjelaskan, SPN menerima laporan dari anggotanya terkait peristiwa di bagian feros silikon pada pukul 23.00 WIB. Menurut informasi yang diperoleh, telah terjadi kecelakaan kerja berupa kebakaran di area tersebut.

Baca juga:  KONTRAS MENDESAK PT GNI BERTANGGUNGJAWAB

“Kejadian ini sangat kami sayangkan, karena trauma dari anggota kami atas kecelakaan kerja yang terjadi sebelumnya belum hilang, sudah ada kejadian kecelakaan kerja kembali,” ungkap Iwan.

Lebih lanjut, Iwan menyampaikan bahwa SPN juga mendapatkan laporan bahwa anggotanya menjadi korban dari kebakaran tersebut.

“Oleh karena itu, untuk kesekian kalinya kami sampaikan, agar Management PT IMIP segera melakukan perbaikan tentang implementasi K3 dalam kawasan IMIP,” tegas Iwan.

Iwan menegaskan kekhawatirannya akan terulangnya kembali kecelakaan kerja dengan korban jiwa akibat penerapan sistem K3 yang tidak maksimal.

“Kami sangat khawatir akan terjadi kecelakaan kerja lagi dan akan muncul korban-korban selanjutnya akibat penerapan sistem K3 yg tidak maksimal,” imbuhnya.

Baca juga:  SUMBANGSIH SPN KABUPATEN CIREBON UNTUK KORBAN BENCANA BANJIR

Selain itu, Iwan juga meminta kepada Management PT IMIP untuk membiayai seluruh pengobatan kecelakaan kerja sampai dengan sembuh total.