Dewan pengawas BPJS ketenagakerjaan mengadakan workshop tentang perluasan kepesertaan dan pelayanan

(SPN News) Jakarta, Kegiatan workshop ini diadakan pada 24/5/2018 bertempat di Hotel grand Melia, Jakarta. Workshop dibuka oleh PPs Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Eko Darwanto dan Ketua KPKP Rekson Silaban. Hadir pula dalam kegiatan tersebut dari Kemenakertrans, Kementrian Keuangan, LKS Tripartit Nasional dan sejumlah tamu undangan lainya termasuk dari akademisi.

Workshop mengambil tema “upaya melindungi pekerja melalui program BPJS Ketenagakerjaan“. Diawali dengan membahas situasi dan kondisi ketenagakerjaan di Indonesia. Dalam sesi ini dikaji tentang Penerima Bantuan Iuran (PBI) bagi pekerja rentan hingga perencaan pembangunan terkait PBI peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan serta tantangan dan hambatan daripada implementasi PBI bagi kepesertaan pekerja rentan dalam program Jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga:  BAKSOS SPN MOROWALI UNTUK KORBAN KEBAKARAN

Dalam studi banding terhadap perluasan kepesertaan dan dan pelayanan bagi PBI pekerja rentan terungkap tantangan dan hambatan tentang perluasan kepesertaan untuk pekerja rentan. Hal ini disampaikan oleh E. Ilyas Lubis sebagai Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Namun, progam ini bukan tidak mungkin untuk diterapkan di Indonesia. Hal ini berkaca dari pengalaman di negara-negara lain dalam Perlindungan Jaminan Sosial bagi pekerja rentan.

Dede Hermawan, Jakarta 2/Editor