Ilustrasi

(SPNEWS) Tangerang, Beredar sebuah video mengenai pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh pabrik sepatu Nike oleh PT Victory Chingluh Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Tangerang, Banten. Menurut Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, sampai hari ini belum ada laporan resmi mengenai PHK tersebut.

“Saya sudah cek, belum ada laporan ke ke kami. Ketentuan dari laporan itu nanti lengkap juga berapa jumlah yang diPHK dan alasannya dari perusahaan apa. Sampai saat ini, belum ada laporan ke kami,” kata Kepala Seksi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, Danang kepada wartawan, (29 Juni 2022).

Terkait tindakan dari video yang beredar, pihaknya akan menunggu laporan resmi dari perusahaan. PT Victory Chingluh Indonesia merupakan pabrik yang memproduksi sepatu Nike.

Baca juga:  GUBERNUR PROVINSI JAWA BARAT PUN TUNDUK PADA PP NO 78/2015

“Kami masih menunggu laporan dari perusahaan soal itu (PHK),” tutupnya.

Sebagai informasi, isu PHK dari PT Victory Chingluh berawal dari video yang beredar di media sosial Instagram. Ada sejumlah akun mengunggah video tersebut, salah satunya akun @abouttng.

Dalam video tergambar, sejumlah karyawan meneriakkan penolakan akan PHK yang dilakukan. Dalam video terlihat sejumlah karyawan berdiri menyuarakan hal yang sama. Informasinya, PHK ini dilakukan kepada karyawan yang masih melakukan masa percobaan (training) di bawah tiga bulan. Alasannya, diduga perusahaan sedang mengalami penurunan pesanan 30%.

Terkait isu PHK perusahaan, kabarnya pernah mencuat pada bulan lalu dan ditegaskan hanya hoaks oleh manajemen PT Victory Chingluh Indonesia. Namun kali ini PHK diduga mendadak. Dalam sejarah, PT Victory Chingluh Indonesia pernah melakukan PHK pada 2020. Menurut data Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, sebanyak 4.985 karyawan terdampak PHK. Kala itu alasan PHK dilakukan karena dampak pandemi COVID-19.

Baca juga:  BANYAK KELUHAN MASYARAKAT, TARIF OJEK ONLINE AKAN DIEVALUASI MENHUB

SN 09/Editor