Gambar Istimewa

Sebelum dinyatakan lolos sebagai peserta Kartu Prakerja, calon pendaftar terlebih dahulu harus melewati serangkaian tes dan seleksi secara online

(SPN News) Jakarta, Pendaftaran Kartu Prakerja dibuka mulai (11/4/2020) oleh pemerintah. Cara mendapatkan Kartu Prakerja bisa dilakukan secara online ( daftar online Kartu Prakerja) di laman resmi www. prakerja.go.id. Kendati demikian, sebelum dinyatakan lolos sebagai peserta Kartu Prakerja, calon pendaftar terlebih dahulu harus melewati serangkaian tes dan seleksi secara online di laman Prakerja.go.id.

Dikutip dari keterangan resminya, setiap pendaftar harus mengikuti tes pada situs resmi Kartu Prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses pendaftaran. Tes merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi kelolosan. Tahapan tes dan seleksi Kartu Prakerja dilakukan dalam beberapa batch (seleksi) yang mempunyai periode tertentu dan kuota, pada saat calon peserta melakukan proses pendaftaran, jangan lupa segera untuk ikut seleksi batch agar tidak ketinggalan kuota.

Baca juga:  MENAKER UNGKAPKAN BAHWA 70 PERSEN PEKERJA SAWIT ADALAH PEKERJA KONTRAK DAN HARIAN

Seleksi batch ini sangat mempengaruhi kelolosan. Apabila calon peserta tidak mendapatkan kuota batch yang dipilihnya saat pendaftaran online, pendaftar dapat mengikuti seleksi periode batch berikutnya. Pemilihan batch baru setiap calon peserta akan di evaluasi kembali. Berikutnya, pendaftar akan menerima notifikasi lolos atau tidak di dashboard akun yang sudah dibuat.

Untuk waktu yang diberikan selama seleksi Kartu Prakerja, tes tidak ada limit waktu, pendaftar bisa menggunakan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes. Jika dinyatakan tidak lolos, calon peserta masih bisa mendaftar kembali untuk batch selanjutnya. Pendaftar tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang untuk bisa memilih batch berikutnya/batch lainnya.

Baca juga:  RAPAT KERJA DAERAH SPN JAWA BARAT II

Sebagai informasi, para peserta yang terdaftar akan menerima bantuan uang sebesar Rp 3.550.000 untuk biaya pelatihan dan insentif. Syarat Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

SN 09/Editor