(SPNEWS) Bogor, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kota Tangerang menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) ke-4 di New Ayuda Hotel, Bogor pada 6-7 Maret 2024. Rakercab kali ini mengangkat tema “Kuatkan Sinergi Perubahan untuk Mewujudkan Keadilan dan Kesejahteraan”.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari 12 Pimpinan Serikat Pekerja (PSP) SPN se-Kota Tangerang, 1 orang perwakilan Komite Perempuan SPN Kota Tangerang, serta tamu undangan dari, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) SPN Provinsi Banten sesuai dengan fungsi dan tugasnya hadir sebagai Narasumber mengikuti jalannya Rapat Kerja Cabang (Rakercab).

Dalam sambutannya, Ketua DPC SPN Kota Tangerang, Drs. Didik Winardi, menyampaikan bahwa Rakercab ini merupakan forum penting untuk mengevaluasi kinerja organisasi selama satu tahun terakhir dan merumuskan program kerja untuk tahun berikutnya, serta menetapkan anggaran pendapatan dan belanja organisasi satu tahun ke depan.

Baca juga:  SELAIN MENGURANGI PENGANGGURAN, HARUS JUGA MENYEIMBANGKAN KOMPOSISI PEKERJA

“Tema Rakercab kali ini mencerminkan komitmen SPN Kota Tangerang untuk terus memperkuat sinergi dengan semua pihak, baik internal maupun eksternal, dalam memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan buruh,” ujar Didik Winardi.

Sementara itu, Ketua DPD SPN, Intan Indria Dewi, S.M, dalam arahannya menekankan pentingnya peran SPN dalam mengawal kebijakan ketenagakerjaan yang pro-buruh. Keberadaan SPN sangat penting untuk memastikan bahwa buruh mendapatkan perlakuan yang adil dan sejahtera.

“SPN harus terus menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan hak-hak buruh, terutama di tengah situasi ekonomi, politik dan regulasi yang penuh tantangan saat ini,” kata Intan.

Rakercab IV DPC SPN Kota Tangerang menghasilkan beberapa rekomendasi program kerja untuk tahun 2024, di antaranya:

1. Peningkatan pendidikan dan pelatihan bagi anggota SPN
2. Penguatan advokasi dan pendampingan kasus ketenagakerjaan
3. Perluasan jaringan kerjasama
4. Peningkatan peran SPN dalam mengawal kebijakan ketenagakerjaan

Baca juga:  BAHRUL MENGGUGAT

Dari 5 Bidang program kerja yang diusulakan oleh DPC, para delegasi merekomendasikan 2 program kerja yang diusulkan, diantaranya :

Pertama, Bidang Kesekretariatan ditambahkan Pendataan Anggota SPN, Pendataan Peserta mengikuti pelatihan-pelatihan, Fasilitator yang ada didokumentasikan secara lengkap.

Kedua, Bidang Sosial Ekonomi, penambahannya agar DPC SPN Kota Tangerang memberikan pelatihan purna kerja untuk anggota SPN Kota Tangerang di bidang kuliner, agar setiap anggota yang mendekati purna kerja mempersiapkan diri membuka usaha baru.

Sedangkan untuk penyusunan anggaran pendapatan dan belanja organisasi (APBO) untuk satu tahun ke depan merupakan langkah penting dalam memastikan kelancaran dan stabilitas keuangan organisasi. Namun, dalam Rakercab ini disepakati bahwa anggaran program kerja yang direkomendasikan akan dilakukan secara subtitusi melihat kondisi lapangan dan anggaran yang ada.

SN 02/Editor