Pentingnya perlindungan sosial ketenagakerjaan bagi setiap pekerja, dan bagaimana pekerja menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0

(SPN News) Pekalongan, (15/072018) BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama dengan DPC SPN Kota dan Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan dan pendidikan perburuhan. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan kota pekalongan dan dihadiri oleh 50 perwakilan dari DPC SPN dan PSP SPN Pekalongan Raya dengan narasumber dari BPJS Ketenagakerjaan Ivan Septio Adi , Akademisi dari Den Haag University Prof. Dr. Hari Nugroho, Hakim Adhok Budi Pratomo St,SH dan Otang dari TURC.

Ivan Septio Adi menjadi pembicara pertama dan menyampaikan tentang Program dan Manfaat Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian dilanjutkan oleh Prof. Dr. Hari Nugroho yang menyampaikan perlunya membangun kembali gerakan perjuangan serikat buruh, meningkatkan pendidikan dan penyampaian setiap informasi dari perangkat ke basis sebagai suatu bentuk kordinasi dan konsolidasi.

Baca juga:  FAKTA TENTANG NEW NORMAL

Narasumber selanjutnya Budi Pratama ST. SH menyampaikan tentang pentingnya pendidikan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas organisasi buruh sehingga gerakan buruh tidak monoton. Dan pembicara terakhir Odang menyampaikan tentang Revolusi Industri 4.0 dan tantangan yang akan dihadapi oleh pekerja dengan semakin berkurangnya keterlibatan pekerja dalam proses produksi karena digantikan oleh mesin.

Ibnu Masud/Editor