(SPNEWS) Serang, 22 Maret 2017 bertempat di Allisa Resort Anyer Banten, DPC SPN Kabupaten Serang menyelenggarakan pelatihan Collective Bargaining dengan tema “Perjanjian Kerja Bersama Sebagai Wujud Organisasi Yang Produktif”. Pelatihan ini diikuti oleh 59 orang dan di antaranya terdapat 32 orang pengurus perempuan perwakilan dari PSP SPN se-Kabupaten Serang. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pembekalan keterampilan berunding kepada pengurus PSP agar dapat membuat PKB yang lebih memberikan kesejahteraan baik kepada anggotanya maupun seluruh pekerja yang berada di perusahaan di mana PSP itu berada.

Acara pelatihan dibuka pukul 10.00 WIB dan dibuka secara resmi oleh Ketua Bidang Advokasi DPP SPN Djoko Heriono. Selanjutnya sesi pertama diisi oleh Indah Saptorini dari perwakilan Industri ALL yang menyampaikan materi tentang “Perjanjian Global. Dalam paparannya Indah memotivasi pengurus agar memperjuangkan kesejahteraan lain selain yang berbentuk uang seperti mendukung penerapan Konvensi ILO No 183 Tahun 2000 Tentang Hak Maternitas. Sesi kedua adalah tentang “Teknik Negosiasi” yang disampaikan oleh Izzah Inlamziah dari Solidarity Center. Setelah penyampaian sesi kedua tersebut dilanjutkan dengan. Sesi ketiga yang diisi oleh Ketua Bidang Program dan Pendidikan DPP SPN Darlina Sihombing, beliau mengajak semua peserta agar menilik kembali isi PKB masing-masing PSP untuk di analisa apakah sudah memberikan peningkatan kesejahteraan atau sama saja dengan UU yang berlaku normatif. Darlina juga menyampaikan pentingnya membuat redaksi dalam PKB agar tidak menimbulkan penafsiran yang berbeda atau multi tafsir yang akhirnya akan menimbulkan perselisihan dikemudian hari. Selain itu disampaikan bahwa kesejahteraan itu tidak selalu berbentuk uang tetapi banyak hal-hal lain yang bisa diperjuangkan untuk diberikan. Pelatihan hati pertama selesai Pukul 18.00 WIB.

Baca juga:  PENGESAHAN PKB PT EAGLE NICE INDONESIA PERIODE 2019 - 2021

Pelatihan hari kedua tanggal 23 Maret 2017 dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB dan pelatihan kedua ini diisi oleh Ketua DPC SPN Kabupaten Serang Asep Saepuloh SH MM yang melakukan evaluasi apa yang sudah didapat di hari pertama pelatihan yaitu tentang Teknik Negosiasi, Analisa SWOT PKB dan Perjanjian Global. Acara pelatihan ini dapat terlaksana berkat inisiasi Bidang Hubungan Industrial dan Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DPC SPN Kabupaten Serang.

Shanto dari narasumber Dewi Maryani/Coed