Ilustrasi

(SPNEWS) Baru setahun diresmikan sejak 27 Desember 2021 lalu, PT Gunbuster Nickel Industri (GNI), Morowali Utara, Sulawesi Tengah, kerap mengalami sejumlah kecelakaan kerja. Mirisnya lagi, ada korban jiwa yang merupakan pekerjanya di tiap kejadian tersebut.

Dimulai dari dua pekerja yang tewas terbakar, tiga yang harus kehilangan nyawa karena sebuah bentrokan, hingga yang terbaru, meninggal dunia akibat kecelakaan truk. Berikut rentetan kecelakaan kerja PT GNI selengkapnya.

Pekerja Tewas Terbakar di Smelter
Dua orang pekerja tewas setelah terjebak kebakaran di pabrik smelter 2 PT GNI pada Kamis (22/12/2022). Salah satu korbannya bernama Nirwana Selle, yang dikenal sebagai seleb TikTok. Sementara korban lainnya adalah I Made Defri.

Kapolres Morowali Utara, AKBP Ade Nuramdani mengatakan bahwa sebelum kebakaran, terjadi ledakan terlebih dulu di tungku nomor 17 smelter 2. Hal itu memicu semburan api ke arah atas dan menjalar dengan cepat sehingga terjadi kebakaran.

Ade menjelaskan lebih lanjut, saat terjadi ledakan, ada dua pekerja, termasuk Nirwana Selle, sedang berada di dalam sebuah crane. Para korban ini terjebak sehingga tidak bisa menyelamatkan diri. Keduanya pun dinyatakan tewas terbakar.

Baca juga:  KONTRAS MENDESAK PT GNI BERTANGGUNGJAWAB

Bentrokan Antar Pekerja
Sempat ramai dibahas juga soal bentrokan yang terjadi di lokasi smelter PT GNI. Peristiwa yang terjadi pada Sabtu (14/1/2023) malam itu dilaporkan memakan korban jiwa yakni dua orang tenaga kerja lokal dan satu orang tenaga kerja asing (TKA).

Adapun penyebab bentrokan diduga berawal dari ratusan pekerja yang memaksa masuk pos 4 pabrik smelter PT GNI. Mereka diketahui melakukan unjuk rasa dengan maksud ingin berhenti kerja karena tuntutannya tidak dipenuhi oleh perusahaan.

Aparat yang berupaya mengontrol massa di lokasi juga diduga tidak mampu meredam amarah para pekerja hingga berujung bentrokan. Kasus tersebut kekinian masih dalam tahap penyelidikan, termasuk soal siapa yang menjadi provokatornya.

Kecelakaan Truk
Terbaru, satu orang pekerja tambang PT GNI, meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan akibat kendaraan truk yang dikemudikannya tergelincir di jalan hauling. Adapun perisitiwa ini diketahui terjadi pada Minggu (29/1/2023) pagi.

Baca juga:  RIDWAN KAMIL AKAN SEGERA TENTUKAN UMK 2021 JAWA BARAT

Jalan itu sendiri menjadi tempat lalu lalang kendaraan bermuatan besar yang memindahkan hasil tambang. Sementara korban tewas dalam kecelakaan dump truck yang merupakan pekerja PT GNI itu bernama Nelgi Rukka asal Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Ia tewas usai truk memuat puluhan ton hasil tambang yang dibawanya menabrak tanggul akibat jalanan yang diduga licin. Kecelakaan itu dibenarkan Kapolres Morowali Utara AKBP Imam Wijayanto yang menyebut waktu kejadian sekitar pukul 8 pagi.

Meski korban sempat dilarikan ke RSUD Kolonodale dan menjalani perawatan intensif, namun nyawanya tak terselamatkan. Korban diduga mengalami benturan sangat keras saat melompat dari truk.

Pihaknya, lanjut Imam, bersama Polda Sulteng saat ini sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mencari tahu penyebab pasti dari kecelakaan tersebut. Sementara jasad korban telah dibawa pihak keluarga dan dibawa ke kampung halamannya.

SN 09/Editor