(SPNEWS) Kajen, pada (19 Mei 2022) bertempat di aula Kantor Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja diadakan workshop dan dialog ketenagakerjaan dalam rangka memperingati hari buruh Internasional 2022.Dengan mengambil Tema Meraih Kemenangan dengan Mengutamakan Silaturahmi Menuju Terciptanya Hubungan Industrial yang Harmonis. Adapun peserta yang mengikuti acara ini adalah perwakilan Apindo dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh yang ada di Kabupaten Pekalongan

Tri Haryanto Kabid amediator Hubungan Industrial dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan Hari Buruh Internasional May Day tahun ini diperingati dengan silaturahmi dengan tujuan agar hubungan industrial dapat terjalin sinergi antar pekerja, pengusaha dan pemerintah.

Selanjutnya Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Siti Masruroh menyampaikan harapannya agar tercipta hubungan industrial yang harmonis dan dapat menumbuhkan produktivitas serta daya saing yang baik sehingga pekerja bisa mendapatkan kesejahteraan yang layak. Serta setiap kali ada perselisihan di internal masing masing perusahaan bisa diselesaikan dan disepakati .

Baca juga:  WOMEN’S EMPOWERED ON LABOR MOVEMENT SEMINAR

Kemudian narasumber Umi Hani dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Tengah menyampaikan kenapa May Day harus diperingati ada intisari yang dapat diambil yaitu adanya perjuangan agar ada jam istirahat, jam sosial dan jam kerja. Dan akhirnya muncul 8 jam kerja yang terbagi 7 jam kerja dan 1 jam istirahat dan itu menjadi aturan sampai sekarang yang kita bisa dinikmati bersama.

Perlunya mengedepankan kualitas diri sebagai pekerja dan pengusaha saling bersinergi sesuai poksi hak dan kewajiban nya. Dari situlah terbangun keseimbangan hubungan kerja yang baik melalui kesepakatan dengan perjanjian bersama.

SN 10/Editor