(SNEWS) Jakarta, Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2022 adalah peringatan ke-94. Pada tahun ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah merilis tema dan logo Sumpah Pemuda 2022. Seperti yang diketahui, Sumpah Pemuda adalah momen bersejarah bagi bangsa Indonesia karena menjadi tonggak dimulainya pergerakan organisasi pemuda.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran tentang bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras, dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia,” tulisnya dalam sambutan yang diedarkan melalui laman resmi Kemenpora.

Baca juga:  RPP TURUNAN CIPTA KERJA FOKUS TERHADAP PHK DAN PESANGON

“Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa,” tegas Zainudin.

Untuk meramaikan Hari Sumpah Pemuda 2022, berikut ini penjelasan tema, logo, dan maknanya dikutip dari laman Kemenpora.

Tema Hari Sumpah Pemuda 2022
Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kemenpora tentang Panduan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, tema Hari Sumpah Pemuda 2022 adalah “Bersatu Bangun Bangsa”.

Logo Hari Sumpah Pemuda 2022
Adapun logo Hari Sumpah Pemuda 2022 adalah angka 94 dengan model angka bergaris dan berwarna-warni. Kemudian di bawahnya terdapat tulisan “Sumpah Pemuda Bersatu Bangun Bangsa”.

Makna Logo Hari Sumpah Pemuda 2022
Sementara itu, logo Hari Sumpah Pemuda 2022 juga memiliki arti tersendiri. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip dari edaran resmi Kemenpora tentang Hari Sumpah Pemuda 2022.

Baca juga:  MUDIK BERSAMA PT PANCAPRIMA EKABROTHERS

1. Karakter Logo (Angka 94)

Karakteristik penggabungan warna dalam logo Hari Sumpah Pemuda 2022 menggambarkan Indonesia yang memiliki keberagaman suku, bangsa, dan budaya.

2. Garis

Garis putih di dalam angka 9 dan 4 yang mengikuti bentuk logo memiliki arti kesatuan dan mencerminkan keberagaman sekaligus simbol persatuan yang suci.

3. Lingkaran

Bentuk lingkaran pada angka 9, diibaratkan kepalan tangan yang menggambarkan semangat persatuan dan kepemudaan.

4. Dua Garis Berjajar

Garis yang saling berjajar dan mengarah ke atas pada angka 9 dan 4, menggambarkan semangat pemuda-pemudi Indonesia untuk terus bangkit bersama sebagai wujud cinta tanah air Indonesia.

SN 09/Editor