(SPNEWS) Cisarua, PSP SPN PT. Citra Abadi Sejati Bogor menggelar pelatihan bagi Perwakilan Anggota (PA) dan Anggota PSP SPN PT. Citra Abadi Sejati Bogor yang bertempat di Cisarua Bogor. Pelatihan yang digelar pada tanggal 15-16 Juli 2023 dihadiri oleh Para Pengurus DPC SPN Kota Bogor, Seluruh Pengurus PSP SPN PT. Citra Abadi Sejati Bogor.

Pelatihan Organisasi tersebut terbagi menjadi dua sesi, yang pertama diisi oleh Ketua DPC SPN Kota Bogor Budi Mudrikah berisikan tentang Dasar-Dasar hukum Organisasi, Fungsi dan Peran Serikat Pekerja, Hak-Hak Serikat Pekerja, Leadership dan budaya Organisasi. Bagaimana seorang pemimpin bersikap, merangkul, dan mengayomi anggota, membangun networking, serta membangun motivasi.

Adapun sesi kedua diisi oleh Komplayen PT. Citra Abadi Sejati Bogor Linda Ependi. Pada sesi ini tentang Pelecehan di tempat kerja. Kekerasan dan pelecehan di tempat kerja merupakan sebuah pelanggaran hak asasi manusia yang sangat serius, karena dapat dilakukan oleh rekan kerja, atasan, atau bahkan dilakukan oleh pelanggan atau tamu yang datang ke tempat kerja. Kekerasan seksual di tempat kerja dapat berupa pelecehan verbal, pelecehan fisik, atau bahkan pemerkosaan.

Baca juga:  KURANGNYA POJOK LAKTASI DI PERUSAHAAN MENYEBABKAN TINGGINYA KASUS STUNTING DI PURBALINGGA

Kekerasan seksual di tempat kerja tidak hanya memberikan dampak yang buruk pada kesehatan mental atau fisik korban tetapi juga dapat berdampak pada produktivitas dan kinerja karyawan. Korban kekerasan seksual dapat mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka selaku pekerja, karena mereka mengalami gangguan konsentrasi dan fokus serta terusik oleh perasaan tidak aman di tempat kerja.

Rodembi selaku Ketua PSP SPN PT. Citra Abadi Sejati Bogor mengatakan bahwa Pendidikan semacam ini sangatlah penting guna menambah pengetahuan agar dapat tercipta regenerasi organisasi ke depannya.

“Kekerasan seksual di tempat kerja merupakan masalah yang kompleks dan tidak mudah diatasi. Namun dengan kesadaran dan tindakan yang tegas dari semua pihak, kita dapat mencegah dan mengatasi kekerasan seksual di tempat kerja sehingga semua karyawan dapat merasa aman dan nyaman dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya serta dapat berkembang dengan baik di tempat kerja.” Pungkasnya

Baca juga:  LAGI, PERUSAHAAN TUTUP TANPA MEMBAYAR PESANGON

Kami PSP SPN PT. Citra Abadi Sejati Bogor kedepannya akan kembali mengadakan pelatihan lagi agar Perwakilan Anggota (PA) dan Anggota lebih paham dan berwawasan tentang Organisasi Serikat Pekerja dengan materi yang berbeda. Lanjunya kepada SPNEWS (17/07/23).

SN-08/editor