​(SPNews) Tangerang , 31 Januari 2017 bertempat di ruang rapat A gedung HRD lama PT Panarub Industry  yang beralamatkan di Jalan M Toha km 01 Grendeng Pasar Baru Tangerang Banten, PSP SPN PT Panarub Industry melalui bidang Organisasi dan Pendidikan (Ordik) melaksanakan pendidikan dasar serikat pekerja untuk anggota SPN. Pendidikan ini diikuti oleh 30 orang anggota. Pendidikan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya berserikat dan berkumpul  dalam upaya membangun kekuatan serikat pekerja untuk menjadi nilai tawar organisasi pendidikan bagi anggota serikat pekerja, diharapkan mampu meningkatkan demokrasi dalam serikat pekerja melalui motivasi anggota untuk lebih berpartisipasi aktif dalam setiap hal yang berhubungan dengan serikat pekerja, memperbaiki kuantitas informasi yang tersedia dalam serikat pekerja agar informasi yang dimaksud dapat  mengalir secara dua arah yaitu dari pemimpin serikat pekerja kepada anggota dan dari anggota ke pemimpin serikat pekerja.

Baca juga:  KONFERTA PSP SPN PT S DUPANTEX

Acara dibuka tepat pukul 08.00 WIB dengan materi pertama adalah pengenalan fungsi dan tugas serikat pekerja serta hak dan kewajiban anggota pada serikat pekerja. Menurut Dewi Sumanti trainer sekaligus wakil ketua PSP SPN PT Panarub Industry bidang Ordik, dalam agenda ini menyampaikan bahwa pendidikan anggota serikat pekerja yang dilakukan sebagai program kerja rutin dalam rangka mencerdaskan anggota , menjadikan tugas  serikat pekerja menjadi jauh lebih efisien oleh karena meningkatnya keterampilan/pengetahuan anggota akan meningkatnya juga jumlah orang yang dapat bertanggung jawab pada setiap fungsi serikat pekerja dan juga meningkatnya  rasa kebersamaan dengan sesama anggota serikat pekerja dan dengan semua pekerja.

Materi kedua dilanjutkan dengan pengayaan dan sosialisasi tentang AD ART SPN yang disampaikan oleh Umenah Wakil Ketua PSP SPN PT Panarub Industry bidang Peran dan pembedayaan perempuan, didasari dengan semangat untuk mencerdaskan anggota materi ini disampaikan secara gamblang tentang apa saja dan bagaimana aturan dalam berorganisasi yang benar karena organisasi yang besar adalah organisasi yang anggotanya cerdas serta mau dan peduli pada organisasinya. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, serta penyampaian saran dan ide kreatif dari anggota SPN dalam upaya pengembangan dan penambahan perekrutan anggota SPN yang ada di PT Panatub Industry. Menurut pendapat salah satu peserta yaitu saudara Dahlan bahwa pendidikan dibutuhkan untuk pengembangan yang berkelanjutan serikat pekerja melalui peningkatan ketrampilan/pengetahuan anggota dalam memecahkan permasalahan secara independen, berpikir kreatif dan berkemajuan langkah ikut membangun organisasi. Pelatihan selesai pukul 15.00 WIB.

Baca juga:  MAHALNYA ONGKOS BERDEMOKRASI

Nurlatifah/Coed