(SPN News) Tangerang, 27 Juli 2017 DPC SPN Kota Tangerang mengadakan workshop tentang organizer.  Acara dimulai pada pukul 09.45 WIB diawali dengan pembukaan oleh bung Joko, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya sambutan dari pengurus DPC SPN Kota Tangerang yang diwakili oleh bung Nanang yang menyampaikan bahwa apa yang menjadi program DPC agar berjalan sesuai dengan harapan dan juga bagaimana menjaga organisasi dan kemitraan yang baik dengan perusahaan. Selanjutnya dari bidang organisasi dan peranan wanita ibu Rukati menyampaikan bahwa workshop ini dimaksudkan untuk membentuk team Organizer karena di 2 tahun belakangan ini Kota Tangerang mengalami kehilangan anggota kurang lebih sekitar 2.000 (dua ribu orang) orang dikarenakan tutup pabrik atau mengundurkan diri dari perusahaan.

Selanjutnya Pak Misno selaku Narasumber yang juga sebagai pengurus DPD SPN Banten mengatakan semoga dengan acara ini bisa menambah keanggotaan baik secara internal maupun eksternal agar tidak stagnan. Selanjutnya Pak Misno menjelaskan tentang tugas dari Organizer yakni berupaya untuk menyusun/mendirikan SP/SB, meningkatkan kekuatan serta pengaruh yang dimiliki SP/SB guna mencari anggota baru serta mampu mengajak dan meyakini pekerja yang belum menjadi anggota SP/SB untuk menjadi anggota. Hal yang harus dimiliki oleh team Organizer adalah memahami dan mampu menjelaskan tentang berserikat tentang hak- hak anggota, perlindungan dan tantangan yang dihadapi oleh SP baik ditempat kerja, rekan kerja dan pimpinan. Team Organizer juga harus memiliki strategi mengidentifikasi tempat kerja yang belum ada SP/SB mengadakan pembicaraan dengan pekerja yang belum menjadi anggota SP/SB mengapa mereka belum/tidak bersedia menjadi anggota serikat. dukungan informasi tentang perusahaan dan brand yang dikerjakan juga adalah salah satu strategi team Organizer.

Baca juga:  PENGAKUAN ABK, DIANIAYA SETIAP HARI

Setelah materi disampaikan ada beberapa pertanyaan salah satunya dari pak Roheli yang menanyakan bagaimana cara atau Teknis perijinan agar bisa masuk kedalam perusahaan?. Dan langsung dijawab oleh narasumber yakni, ada Surat Tugas (ST) dari perangkat DPC SPN yang memberi mandat perijinan kepada team Organizer sebagai identitas untuk  bisa melakukan pendekatan dan agar diketahui bagi pihak yang memerlukan.

Setelah ishoma dilanjutkan dengan pembentukan team Organizer sesuai wilayah yang ada di Kota Tangerang serta target wilayah yang akan di Organizer. Acara selesai pada pukul 15.15 Wib dengan melakukan foto bersama.

Aprilianti Banten 3/Coed