Ekonomi kreatif merupakan era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dalam mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusianya sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya

(SPNEWS) Serang, Wendi Nurwendi ST, selaku Plt. Kepala bidang pemberdayaan usaka kecil Dinas UMKM dan Koperasi provinsi Banten menyampaikan bahwa ekonomi kreatif merupakan era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dalam mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusianya sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya. Hal ini disampaikan pada saat workshop dan talk show yang dilaksanakan pada perayaan HUT KP Banten pada Selasa (29/09/2020) di Ledian Hotel & Cottages.

Wendi Nurwendi ST juga menyebutkan bahwa industri kreatif perlu di kembangkan di Indonesia karena memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan, dapat menciptakan iklim bisnis yang positif, berbasis pada sumber daya yang terbarukan, menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan kompetitif suatu bangsa, dan memberikan dampak sosial yang positif.

Baca juga:  PEMATANGAN DRAFT PEMBAHARUAN PKB PSP SPN PT KADU JAYA PERKASA

“Untuk menjadi seorang wirausahawan harus memiliki tiga kriteria agar mampu mengeksploitasi sumber daya yang dimilikinya. Kemampuan itu antara lain adalah kemampuan untuk berinovasi, kemampuan mengambil resiko terhadap usaha yang diambilnya dan kemampuan untuk proaktif terhadap rancangan atau kemungkinan yang akan terjadi dimasa depan.” lanjut nya.

Tujuan dari workshop ekonomi kreatif ini adalah agar anggota SPN yang terdampak covid-19 seperti di rumahkan ataupun di PHK dapat bertahan dan mampu untuk mengembangkan ekonominya dengan menjadi wirausahawan.

SN 02/Editor