​(SPNews) Medan, 21 Januari 2017 Ketua Umum DPP SPN Iwan Kusmawan SH dan Sekretaris Umum DPP SPN Ramidi melakukan kunjungan kerja ke Kantor DPD SPN Sumatera Utara yang beralamat di Jalan Sisingamangaraja Km 11 Bendungan I No 49 Desa Bangun Mulia Kecamatan Medan Ampelas Sumatera Utara. Agenda ini berlangsung setelah Serikat Pekerja Nasional menyelenggarakan Sidang Majelis Nasional dan Rapat Kerja Nasional III yang berlangsung dari tanggal 17-19 Januari 2017 bertempat di Hotel Grand Kanaya Jalan Darussalam No 12 Medan. Iwan Kusmawan SH mengatakan bahwa kunjungan ini adalah yang pertama di kantor yang telah ditempati sekitar 3 Tahun tersebut.

Dalam kunjungan tersebut terjadi dialog antara lain terkait Kegiatan Serikat Pekerja Nasional di Sumatera Utara di mana dalam waktu dekat tanggal 29 Januari 2017 akan melakukan Konsolidasi sekaligus pelantikan pengurus PSP SPN PT Sinar Alkasa Sejahtera (PT SAS) yang beralamat di jalan Binjai km 12 Desa Mulyorejo Kabupaten Deli Serdang. Di samping itu didiskusikan pula tentang Kondisi Ketenagakerjaan di Sumatera Utara di antaranya tentang : banyaknya pekerja kontrak yang tidak diperpanjang (dirumahkan) dengan alasan Kontrak habis, pelanggaran upah yang tidak sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur tentang Upah Minimum dan BPJS terkait PDSTK. Adapun Jumlah anggota SPN di Sumatera Utara baru mencapai 1200 orang dari 10 perusahaan yang berada di wilayah DPC SPN Medan, DPC SPN Deli Serdang, DPC SPN Tobasa dan DPC SPN Binjai.

Baca juga:  LIVE RADIO ELSHINTA DARI KANTOR DPP SPN

Di tahun 2017 DPD SPN Sumatera Utara menargetkan akan menambah anggota/pengorganisasian di beberapa daerah yaitu Kabupaten Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun, Kota Tebing Tinggi dan Padang Lawas demikian menurut Ketua DPD SPN Sumut Anggiat Pasaribu yang diamini oleh Mince Simatupang sebagai Sekretaris dan Mubarik. Daerah tersebut merupakan daerah sektor Industri Perkebunan Kelapa Sawit dan Perikanan, bung Anggiat Pasaribu menambahkan bahwa di kabupaten Simalungun termasuk dalam kategori Kawasan Industri Khusus yang berbatasan dengan 3 Kabupaten  antara lain: Kabupaten Batu Bara, Kabupaten Asahan dan Kabupaten Labuan Batu Utara.

Selama hampir 2 jam diskusi berlangsung pada akhirnya Dewan Pimpin Pusat Serikat Pekerja Nasional melalui Sekretaris Umum Ramidi merespon baik rencana kegiatan yang akan dilakukan di Sumatera Utara untuk tahun 2017 semoga pengorganisasian yang akan dilakukan dapat menambah keanggotaan sekaligus melakukan advokasi untuk memberikan kesejahteraan bagi anggota beserta keluarganya, hal ini juga ditekankan Ramidi bahwa salah satu skala prioritas program 2017 adalah Meningkatkan Kesejahteraan Anggota melalui Penegakan Hukum Secara Konsisten jadi harapannya adalah jangan sampai terjadi pelanggaran hak- hak normatif kepada para pekerja baik yang sudah menjadi anggota maupun yang belum. Iwan Kusmawan juga menegaskan bahwa 2017 penegakan hukum harus dijalankan tanpa pilih kasih karena semua permasalahan ketenagakerjaan kuncinya ada di penegakan hukum melalui pengawas ketenagakerjaan. Jadi kalau 2017 ini banyak pelanggaran maka pengawas ketenagakerjaan tidak berjalan secara efektif padahal 2017 ini merupakan awal tersentralisasinya seluruh pegawai pengawas di tingkat Provinsi semoga ini lebih ada greget dalam bekerjanya.

Baca juga:  TIDAK TAAT ATURAN PERUNDANGAN, PT ALPHA E.M.S JUGA DIDUGA ANTI SERIKAT, ALHASIL PEKERJA MOGOK KERJA

Itulah sekilas catatan dalam kunjungan kerja Ketua Umum dan Sekretaris Umum DPP SPN ke DPD SPN Sumatera Utara. Dalam kesempatan tersebut juga Iwan Kusmawan mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran SPN se-Sumatera Utara atas kerja sama sehingga Majenas III dapat berjalan dengan lancar.

Shanto dari narasumber bapak Iwan Kusmawan SH/Coed