Gambar Ilustrasi

Industri kontruksi mulai merasakan dampak dari pandemik covid-19

(SPN News) Jakarta, Industri konstruksi mulai merasakan dampak pukulan Pandemi Covid-19 terhadap perekonomian nasional. Meskipun pada kuartal I 2020 sektor konstruksi bertumbuh 2,90%, namun pada kuartal II 2020 industri ini mengalami penurunan cukup dalam.

Ketua Umum Ikatan Konsultan Nasional Indonesia (Inkindo) Peter Frans menyebutkan, anggota Inkindo yang merupakan asosiasi konsultan jasa perencana dan pengawasan kontruksi banyak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Hal ini terjadi karena kegiatan konstruksi infrastruktur di daerah terdampak pandemi Covid-19. “Sebanyak 80% dari anggota kami mengalami kesulitan. Ribuak karyawan sudah terkena PHK,” tegas Peter dalam Webinar di Jakarta, (5/8/2020).

Baca juga:  SELESAI LIBURAN LEBARAN, PENGANGGURAN DI JAKARTA DIPREDIKSI AKAN NAIK

Saat ini anggota Inkindo mencapai 6.400 perusahaan di seluruh Indonesia yang mempekerjakan total 64 ribu orang. Sebanyak 22.400 orang atau 35% pegawai tetap perusahaan-perusahaan anggota Inkindo sudah di PHK. Sedangkan jumlah pegawai tidak tetap yang di PHK mencapai 29 ribu orang atau sekitar 45% dari total tenaga kerja.

SN 09/Editor