DUA HAL YANG HARUS DIINGAT DALAM BERORGANISASI

DUA HAL YANG HARUS DIINGAT DALAM BERORGANISASI

(SPN News) Pengertian kata organisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah suatu kelompok kerjasama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Dalam suatu organisasi, setiap anggota berproses bersama dan bahu-membahu demi tercapainya suatu tujuan yang telah ditetapkan di awal. Keutuhan dan keberhasilan dari sebuah organisasi tergantung dari sikap dan kinerja dari semua orang yang bergabung di dalamnya.

Apabila organisasi ingin berjalan dengan sukses dan lancar, diperlukanlah sikap kerja yang baik dari para anggotanya, yaitu ulet, fokus, disiplin, tidak egois, bekerja keras, komunikasi yang baik, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sikap-sikap tersebut dapat mendukung tercapainya kesuksesan sebuah organisasi. Bahkan kebanyakan organisasi mencari anggota yang memang sesuai dengan kualifikasi tersebut dan juga menuntut anggotanya untuk memiliki karakter kerja yang baik.

Selain karakter kerja yang telah disebutkan di atas, ada dua hal penting yang harus dimiliki oleh anggota organisasi, yaitu totalitas dan loyalitas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, totalitas diartikan sebagai keutuhan atau keseluruhan, sedangkan loyalitas adalah kepatuhan dan kesetiaan. Totalitas dan loyalitas ini haruslah dimiliki oleh setiap orang dalam suatu organisasi, baik ketua, staff, dan anggotanya.

Totalitas dapat diartikan pula sebagai suatu upaya dalam melakukan atau mengerjakan berbagai hal dengan optimal, baik dalam berpikir, bertindak, berbicara, dan bekerja sama dengan orang lain. Dalam organisasi, penting sekali untuk memiliki sikap totalitas karena akan berpengaruh terhadap sikap kerja. Apabila orang tersebut total dalam melakukan suatu program kerja yang telah dibuat organisasi, ia akan mengerjakan dengan sungguh-sungguh sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Sungguh-sungguh dan optimal dalam bekerja pastilah akan membuahkan suatu hasil yang optimal dan sukses pula.

Yang tidak kalah penting adalah adanya sikap loyal atau loyalitas dari anggota organisasi. Loyalitas adalah sikap setia dan kepatuhan terhadap seseorang atau perkumpulan. Sikap setia ini tumbuh dari kecintaan dan kesenangannya pada orang atau organisasi yang diikuti. Orang-orang yang loyal akan mengabdi pada organisasi dengan tulus ikhlas karena kesetiaan itu berasal dari hati masing-masing. Apabila suatu pekerjaan dilakukan dengan tulus ikhlas dan dari hati, pastilah akan membuahkan hasil yang baik dan membanggakan.

Mengapa totalitas dan loyalitas adalah hal yang benar-benar penting dalam berorganisasi? Dari uraian di atas pastilah kita semua sudah tahu. Setiap organisasi pasti membutuhkan orang-orang yang total dalam mengerjakan tugas yang dipasrahkan kepada mereka, tidak sekedar menjalankan tugas hanya karena terpaksa, dan juga cinta terhadap apa yang dilakukannya.

Bisa diumpamakan organisasi itu sebagai mobil. Mobil pasti akan berjalan dengan mulus kalau komponen-komponen yang ada di dalamnya beroperasi dengan baik. Komponen-komponen itu merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Mobil tidak dapat berjalan apabila hanya ada setir saja, tetapi juga membutuhkan adanya ban, gas, rem, mesin, sopir, dan lainnya. Sama halnya dengan organisasi yang bisa bergerak lancar apabila anggota-anggotanya memiliki karakter kerja yang baik. Tidak hanya ketuanya saja yang baik, tetapi seluruh anggotanya juga harus baik.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa totalitas dan loyalitas adalah hal yang penting dan sikap yang harus dimiliki setiap orang dalam berorganisasi. Total dalam berkarya dan loyal terhadap organisasi merupakan kunci kesuksesan dan tercapainya tujuan dari sebuah organisasi. Totalitas dan loyalitas tersebut tidak hanya dimiliki oleh ketua atau sebagian orang saja, tetapi harus dimiliki juga oleh setiap anggota organisasi.

SN 09 dari berbagai sumber/Editor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KONTRIBUSI KANTOR PUSAT

TOTAL DANA YANG TERKUMPUL

Rp.323.602.000

Untuk lebih detailnya klik.

Arsip

Kolom Iklan