Select Page

DARI ANGGOTA UNTUK ANGGOTA CARA MUDAH MENINGKATKAN KEKUATAN ORGANISASI

DARI ANGGOTA UNTUK ANGGOTA CARA MUDAH MENINGKATKAN KEKUATAN ORGANISASI

(SPN News) Bogor, 19 Maret 2016 PSP SPN PT Kahoindah Citragarment, melakukan pelatihan anggota bertempat di Curug Cilember, Bogor Jawa Barat. Pelatihan ini diikuti 115 Anggota dan Perwakilan dari masing-masing Bagian. Sesuai dengan penjelasan dari Keuta PSP SPN PT. Kaho Indah Citra Garment, Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Anggota dan Perwakilan tentang Fungsi Serikat Pekerja dan Mengapa Buruh Perlu berserikat. Pelatihan ini juga dihadiri oleh DPC SPN Jakarta Utara, Ketua DPD SPN DKI Jakarta dan Ketua Bidang Program DPP SPN.

Acara Pelatihan dimulai Jam 11.00, yang diawali dengan kata sambutan dari Ketua PSP Yumanna Sagala yang menjelaskan tentang tujuan dari pelatihan, yaitu untuk membangun dan meningkatkan kesadaran/kepedulian anggota tentang hak-haknya sebagai Pekerja, dan juga betapa pentingnya partisipasi mereka dalam mendukung kegiatan-kegiatan organisasi. Yumanna juga memjelaskan bahwa biaya pelatihan itu adalah sebagian dari iuran yang dikumpulkan oleh anggota.

Selanjutnya adalah sambutan/motivasi Penguatan Anggota dari DPC SPN Jakarta Utara Agus Rantau dan oleh  As’ari selaku ketua DPD SPN DKI Jakarta.   Dalam sambutannya beliau-beliau ini menyampaikan peran penting dari PSP SPN PT Kaho dalam eksistensi SPN di Jakarta Utara, contohnya pada aksi penolakan PP No. 78 tentang Pengupahan, dimana SPN PT Kaho bisa mengeluarkan semua anggota secara total, untuk itu DPC SPN Jakarta Utara menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PSP PT Kaho dan Anggota yang ada disana. Hal lain yang juga disampaikan  adalah betapa beratnya tantangan yang akan dihadapi oleh pekerja Indonesia pada masa yang akan datang diantaranya dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asia, dimana tenaga kerja bebas masuk dari Negara lain sementara di Indonesia sendiri masih banyak penggangguran. Juga tentang hak-hak pekerja dan kewajiban Anggota SPN , misalnya membayar iuran dan menjalankan instruksi organisasi.

Setelah, sambutan penguatan dari DPC Jakarta Utara dan DPD SPN DKI Jakarta, dilanjutkan dengan outbound  yang dipimpin oleh Ketua Bidang Program DPP SPN, adapun permainan outbound yang dimainkan adalah tepuk jari, permainan lidi, mencari pasangan, ular naga dan kotak kekhawaitaran. Semua permainan ini ada kaitannya dengan pentingnya buruh berserikat, kecepatan dalam berpikir, ketaatan menjalankan instruksi dan bagaimana mempertahankan anggota dan sambil mencari anggota yang baru. Di akhir outbound juga diberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya. Dari pengamatan melalui pelatihan ala outbound ini anggota lebih mudah memahami mengapa mereka perlu berserikat dan mengapa mereka harus mendukung PSP.

Hal yang sangat menarik dari pelatihan ini adalah, bahwa pelatihan ini tidak hanya dihadiri oleh Anggota dan Perwakilan PSP tetapi juga dihadiri oleh perwakilan dari management, mereka iktu membaur dengan semua peserta lainnya dan mengikuti pelatihan dan permainan outbound. Hal ini merupakan satu contoh yang sangat baik sebagai wujub dari harmonisasi antara SPN dan Management. Apalagi diakhir Pelatihan PSP SPN PT Kaho juga memberikan sebuah kejutan kepada semua peserta, dimana semua peserta mendapat hadiah, kelihatannya semua peserta sangat bahagia apalagi setelah pelatihan usai PSP SPN dan Perwakilan Management, secara bersama dan penuh canda tawa menikmati dinginnya air Curug Cilember, kelihatan begitu akrab dan tidak ada jarak diantara mereka dan begitu lengkap kebahagiaan semua peserta saat itu….suatu hal yang perlu dicontoh.

Tri Handoko – Jakarta 2.

KONTRIBUSI KANTOR PUSAT

TOTAL DANA YANG TERKUMPUL

Rp.323.602.000

Untuk lebih detailnya klik.

Arsip