CAPACITY BUILDING PSP SPN KAWASAN INDUSTRI PT NIKOMAS GEMILANG

CAPACITY BUILDING PSP SPN KAWASAN INDUSTRI PT NIKOMAS GEMILANG

Serang, Oktober 2016

(SPN News) Serang, salah satu program kerja PSP SPN Kawasan Industri PT Nikomas Gemilang periode 2016 – 2019, pada semester pertama adalah menyelenggarakan “PENDIDIKAN DAN PELATIHAN CAPACITY BUILDING” bagi seluruh Pengurus, tim asistensi dan komite  PSP SPN Kawasan Industri PT Nikomas Gemilang. Pendidikan kali ini mengambil tema “ PENINGKATAN KAPASITAS DAN SOLIDITAS TIM DALAM MENCAPAI TUJUAN VISI MISI ORGANISASI “ dimana didalamnya merupakan pelatihan untuk penguatan tim serta pentingnya pencapaian Visi – Misi  PSP SPN Kawasan Industri PT Nikomas Gemilang periode 2016 – 2019.

Pelatihan ini berlangsung selama dua hari yaitu hari Sabtu – Minggu, tanggal 15 – 16 Oktober 2016 bertempat di Lembah Hijau Bandulu, Anyer. Dengan menggunakan fasilitas Bus peserta bertolak dari kawasan Industri PT. Nikomas Gemilang menuju lokasi dan tiba pukul 11.00 WIB.

Opening ceremony dilaksanakan pada jam 13.00 dengan MC dari bidang Diklat  PSP bung  Budi Burhanudin. Uniknya pembukaan pada pelatihan ini disesuaikan seperti upacara sekolah pada umumnya dengan membentuk barisan dengan pemimpin barisan nya. Dari pembukaan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, pembacaan ikrar anggota, amanat pembina upacara dari ketua PSP PSP bung Asep Saepulloh SH, MM yang memberikan semangat kepada seluruh peserta dalam mengikuti kegiatan diklat kali ini.  Dari 75 peserta yang menjadi target hadir sekitar 70 peserta. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars SPN dan diakhiri dengan doa penutup.

Setelah istirahat sejenak, langsung masuk ke materi pertama yang disampaikan oleh WakaBid Eksospollitbang DPD SPN Provinsi Banten Bapak Dr. Ir. H. Zaenal Abidin, dengan materi “ Membangun Soliditas untuk Mencapai Visi Misi Organisasi SPN”. Dalam hal ini disampaikan mengenai pentingnya kerja sama untuk pencapaian Visi Misi Organisasi SPN serta kendala kendala yang akan dialami dan cara menghadapi kendala kendala tersebut. Materi selesai pada jam 15.15 WIB.

Setelah istirahat selama 15 menit dilanjutkan dengan materi yang ke dua yaitu “ Visi Misi  PSP – SPN Kawasan Industri PT Nikomas Gemilang periode 2016 – 2019 dan tahapan pencapaiannya ” yang disampaikan langsung oleh ketua  PSP bung Asep Saepulloh SH MM. Dimana visi yang diusung pada periode ini adalah “ MENJADIKAN ORGANISASI SPN BERDAULAT DAN BERMARTABAT SERTA MEMPUNYAI NILAI TAWAR UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA, KELUARGA DAN MASYARAKAT”. Dan Misi yang diusung antara lain :

  1. Penguatan tim kerja dan kerja tim dalam kepemimpinan kolektif
  2. Peningkatan sumber daya manusia (Pengurus, Asistensi, Perwakilan Anggota dan Anggota)
  3. Peningkatan komunikasi dengan para pihak yang berkaitan dengan serikat pekerja
  4. Pengelolaan dan pengawasan keuangan secara profesional dan transparan
  5. Penciptaan program kerja berbasis keterlibatan anggota

Materi diselingi ishoma dari jam 17.30 – 19.30 dilanjutkan dengan penyusunan program kerja tambahan untuk pencapaian VISI MISI  PSP dengan terlebih dahulu ice breaking oleh Mumun. Dimana dalam ice breaking kali ini untuk mengetahui tingkat ketanggapan dan fokus peserta pelatihan. Program kerja tambahan yang telah dibuat kemudian dipresentasikan dan sekaligus dilakukan evaluasi seperlunya.

Pada pagi hari nya jam 07.00 materi ke tiga dimulai, yakni penguatan tim dengan fun game dan out bond dari Instruktur Lembah Hijau Bandulu. Dimulai dengan ice breaking yang menguji konsentrasi peserta serta kemampuan mengorganizer. Dilanjutkan dengan pembagian kelompok dengan nama binatang kambing, kucing, Bebek, Ayam dan Kerbau.

Outbond dia wali dengan kompetisi konsentrasi dari tiap tim dimana tiap anggota tim harus menyelaraskan gerakan dan irama serta kemampuan untuk menyebutkan nama dalam satu kelompok secara acak. Kemudian game memanjat jaring laba laba ala TNI, tangkap bola teman, sungai beracun dengan tujuan melewati sungai dengan media 9 balok untuk 13 orang peserta. Melewati rintangan dengan mata tertutup dan hanya di arahkan oleh ketua team, dan permainan memindahkan air mineral yang diletakkan dia atas triplek yang dirangkai sedemikian rupa dengan menggunakan tali dan water game yang banyak mengandalkan keseimbangan tubuh.

Outbond selesai sekitar jam 12.00, setelah ishoma seluruh peserta berkumpul untuk pengumuman juara outbond. Pemenang kali ini dibagi menjadi beberapa kategori yautu :

  1. Peserta teraktiv wanita diraih oleh May Prihartini
  2. Peserta teraktiv pria diraih oleh Asep Saepulloh
  3. Leader terbaik dari Tim Bebek Bung Geri
  4. Peserta paling tabah diraih oleh siti homsiah
  5. Yel yel terbaik diraih oleh Team Bebek
  6. Team terbaik diraih oleh Team Kucing yang digawangi oleh Mumun, Asep, Ito, Romli, tantra, dina, ayu, Saipul nupus, Hari, Aris, Rangga, Hayumi dan Marjuki.

Setelah itu dilakukan evaluasi dan penutupan acara. Harapan dari ketua  PSP – SPN Kawasan Industri PT Nikomas Gemilang adalah dengan dilaksanakan pendidikan ini dapat memperkuat solidaritas dan soliditas tim untuk mencapai visi misi melalui program kerja yang telah diamanahkan pada konferta VII untuk mencapai kesejahteraan bagi anggota, keluarga dan masyarakat pada umumnya.

 

Mumun/Coed

KONTRIBUSI KANTOR PUSAT

TOTAL DANA YANG TERKUMPUL

Rp.323.602.000

Untuk lebih detailnya klik.

Arsip