(SPN News) PSP SPN Kawasan Industri PT Nikomas Gemilang  bidang K3 & Produktivitas bekerja sama dengan management yang melibatkan seluruh SD (Sustainable Development) PT Nikomas Gemilang dari Devisi Nike, Adidas, S5, SPI, Puma, Asics, Evertech, Kayuen dan Yin Hua melakukan kegiatan yang bertema peduli kebersihan lingkungan yaitu : Gerakan Bersih Nikomas  yang dilaksanakan selama 3 hari dari hari Senin  – Rabu tanggal 17 – 19 Oktober 2016. Selain itu kegiatan ini juga melibatkan TKA dari management factory tersebut yang aktif dan antusias dengan GEBER NIKOMAS kali ini.

Gerakan ini bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada seluruh karyawan PT Nikomas Gemilang untuk memiliki rasa kepedulian terhadap kebersihan lingkungan kerja. Dalam hal ini PKB pasal 24 ayat 2 point C yang berbunyi “Corat coret disembarang tempat, meludah didepan orang banyak atau pimpinan, membuang sampah disembarang tempat atau tidak di kotak sampah”, menjadi dasar dari kegiatan kali ini.

Kegiatan yang berlangsung tiga hari ini dikonsentrasikan di dua titik jalur karyawan masuk, hari pertama dan kedua konsentrasi di jalur C di sepanjang jalur pejalan kaki dimana sering digunakan karyawan menunggu waktu jam cekrol masuk kerja. Mayoritas dari karyawan yang bekerja di Factori Nike, Adidas, S5 dan SPI yang melewati jalur ini. Hari terakhir kegiatan dikonsentrasikan di sepanjang jalur EF dimana mayoritas karyawan dari Factory Puma, Asics, Yin Hua, Evertech dan Kayuen yang melewati jalur ini.

Baca juga:  DALAM KASUS BURUH HARUS MENGEDEPANKAN ASAS ULTIMUM REMEDIUM

Seluruh tim pelopor kebersihan lingkungan Nikomas berjalan dengan membawa kantung plastik untuk sosialisasi kepada karyawan betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan kerja yang berdampak pada kesehatan karyawan itu sendiri. Seluruh team standby dari jam 06.00 yang kemudian menyebar ke seluruh jalur pejalan kaki karyawan. Selain memasang umbul umbul, banner dan juga spanduk yang berisi kampanye kebersihan lingkungan, juga menggunakan pengeras suara yang dipasang di setiap sudut jalan untuk sosialisasi.

Banyak respon positif dari karyawan mengenai kegiatan ini, dimana mereka menyambut baik dengan mengikuti instruksi untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Kesadaran dari karyawan mulai tumbuh untuk menjaga kebersihan lingkungan kerja. Beberapa karyawan mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi seperti ini sangat berpengaruh kepada kesadaran karyawan Nikomas untuk menjaga kebersihan. “ Kalau bisa untuk kegiatan seperti ini dilakukan secara rutin dan berkelanjutan mengingat kesadaran dari karyawan yang pasang surut “ kata salah seorang karyawan yang sempat di wawancarai oleh bung Yanto dari SD Pusat.

Baca juga:  UPAH MINIMUM KHUSUS PEKERJA PERKEBUNAN DI JAWA BARAT

Kegiatan berlangsung sampai jam 07.30 dengan evaluasi harian baik dari manager SD Pusat, Mr Dylen Huang yang mengucapkan terima kasih kepada seluruh team Pelopor Kebersihan Nikomas yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Kemudian dari Ketua PSP SPN Kawasan Industri PT Nikomas Gemilang bapak Asep Saepulloh SH MM, yang menyampaikan rasa bangga dengan terlaksananya kegiatan ini. Hal ini sangat berpengaruh positif baik untuk lingkungan kerja maupun kepada anggota sendiri yang merasa  nyaman dengan lingkungan yang bersih. Dalam evaluasi terakhir team maintenance pusat akan menambah jumlah dan titik lokasi tempat sampah yang ada di lingkungan perusahaan agar karyawan lebih leluasa untuk menjangkau tempat sampah dan gerakan ini akan dilakukan kembali secara periodik sebulan sekali.

 

Mumun/Coed