(SPN News) Bandung, 19 – 20 Oktober 2016 bertempat di Hotel Augusta yang beralamat di Jalan Tangkuban Perahu KM 2 No 53 Lembang Ciboga Bandung Barat, dilaksanakan women membership meeting selama 2 (dua) hari. Acara dibuka tepat pukul  12.55 WIB, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Mars SPN yang dipimpin saudari RINI dari SPN Kabupaten Cirebon. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, sambutan pertama disampaikan oleh Ketua DPD SPN Jawa Barat bapak Iyan Sopyan, dalam sambutannya beliau menyampaikan tentang latar belakang program membership meeting  ini, program ini merupakan program DPP SPN dan sebagai pelaksana adalah DPD SPN Jawa Barat.  Disampaikan juga bahwa  pasca Rakorda SPN Jawa Barat dan hasil Workshop Nasional memutuskan bahwa Komite Perempuan SPN Jawa Barat tidak bisa berjalan sendiri tanpa bantuan perangkat diatasnya dan bantuan lembaga lain yaitu instansi pemerintah.  Untuk memperkuat dan meningkatkan kapasitas Perempuan SPN di Jawa Barat dan meningkatkan kesejahteraan buruh perempuan sangat dibutuhkan kerjasama dan support dari semua pihak. Dan Ketua DPD SPN Jawa Barat mengharapkan Komite Perempuan SPN Jawa barat berperan aktif di semua kegiatan organisasi,

Baca juga:  PEKERJA PT ULTRAJAYA MOGOK KERJA

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Sekretaris umum DPP SPN bapak Ramidi yang sekaligus juga membuka acara Women  Membership Meeting ini , acara dilanjutkan dengan perkenalan peserta yang di pandu oleh Wakil Ketua DPD SPN Jabar bung Dadan Sudiana, acara Women Membership Meting ini hadiri oleh 23 orang Pengurus Komite Perempuan perwakilan dari 13 Kota/Kabupaten se-Jawa Barat.

Materi pertama disampaikan oleh Sekretaris DPD SPN Jabar bapak Dede Koswara. Adapun materinya adalah tentangan fungsi serikat pekerja dan juga situasi dan kondisi perkembangan serikat pekerja saat ini. Materi selanjutnya adalah strategi penguatan organisasi yang disampaikan oleh Ketua Bidang Pendidikan dan Program DPP SPN ibu Darlina Sihombing. Setelah peserta Istirahat untuk Sholat , Mandi dan Makan,  acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang peran dan fungsi serta  tugas pengurus perempuan  dalam struktur organisasi. Menjelang di tutupnya acara untuk hari pertama Ketua Komite Perempuan Nasional ibu Erlina Subandiyah. S .IP menyampaikan mengenai Keberadaan Komite Perempuan SPN serta Fungsi dan tugasnya berikut rancangan program kerja kedepan Komite Perempuan, termasuk rencana akan dilaksanakannya Jambore Nasional dibulan Maret dalam rangka memperingati Woment Day nanti . Acara Woman Membership Meeting hari pertama ditutup pukul 21.30 WIB.

Baca juga:  UMK KABUPATEN SUMBAWA BARAT 2019 TIDAK NAIK

Agenda dihari kedua adalah mereviu tentang materi yang sudah diterima dihari pertama, sekaligus mapping tentang hambatan, peluang pekerja perempuan dalam menjalankan fungsi dan tugasnya baik sebagai pengurus dalam struktur organisasi SPN maupun ketika berperan sebagai pengurus Komite perempuan dimasing-masing wilayah baik propinsi maupun kota dan kabupaten. Selanjutnya Sekretaris Komite Perempuan SPN saudari Nurlatifa menyampaikan materi  tentang maternitas, yaitu pengenalan alat reproduksi dan juga penyakit- penyakit yang dapat terjadi dialat reproduksi  serta  hak- hak pekerja perempuan.

Acara Woman Membership Meeting di tutup tepat pukul 11.00 WIN dengan terlebih dahulu membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL) kegiatan untuk masing-masing DPC dalam waktu tiga bulan kedepan .

 

Nurlatifah/Coed