Ilustrasi Kawasan Industri

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat hingga kini ada 143 perusahaan asing yang berencana merelokasi usahanya ke Indonesia

(SPNEWS) Jakarta, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat hingga kini ada 143 perusahaan asing yang berencana merelokasi usahanya ke Indonesia. Jumlah itu terbagi menjadi tiga kelompok.

Kelompok pertama adalah tujuh perusahaan yang sudah memastikan melakukan relokasi investasi ke Indonesia, dengan lokasi usaha tersebar di Jabar, Banten, Jateng, dan Sumut.

Bahkan, juru bicara BKPM, Tina Talisa menyampaikan, satu dari tujuh perusahaan itu sudah melakukan ground breaking di Subang, Jabar, yaitu perusahaan asal Taiwan, Meiloon Technology.

Kelompok kedua adalah 17 perusahaan yang berencana melakukan relokasi investasi. “Saat ini posisinya dalam tahap penjajakan 70-80 persen, dan ada beberapa yang sudah penjajakan 90 persen,” katanya, (20/9/2020).

Baca juga:  LP2M UIN DUKUNG BURUH DALAM TUNTUTAN RUU CIPTA KERJA

Kelompok ketiga sebanyak 117 perusahaan yang potensial melakukan relokasi investasi ke Indonesia. Sebanyak 143 perusahaan yang akan merelokasi usahanya itu antara lain berasal dari Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan China.

Sebagai catatan, berdasarkan daerahnya, realisasi investasi di Jawa sebesar Rp 208,9 triliun atau setara 51,9 persen dari total investasi sebesar Rp 402,6 triliun di semester I/2020. Sementara pencapaian investasi di luar Jawa senilai Rp 193,7 triliun.

SN 09/Editor