Gambar Ilustrasi

Kemenkeu berencana untuk memperbaharui UU tentang Dana Pensiun

(SPN News) Jakarta, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana untuk memperbarui Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun. Rencana ini masuk ke dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 77/PMK.01/2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan Tahun 2020-2024.

Selain dana pensiun, setidaknya ada 19 Rancangan Undang-Undang (RUU) yang ditetapkan ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Jangka Menengah Tahun 2020-2024.

Apabila mengutip dari PMK tersebut, ada dua urgensi dari pembentukan  RUU tentang Dana Pensiun ini.

“Pertama, mempercepat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendalaman pasar keuangan yang berpotensi mengurangi beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam hal pemberian perlindungan kepada masyarakat, khususnya mereka yang berusia lanjut,” sebagaimana dikutip dalam PMK, (16/7/2020).

Baca juga:  KELIRU BILA MENYEBUT PEKERJA INDONESIA BERKUALITAS BURUK !

Urgensi kedua, adalah RUU ini berpotensi menambah pendapatan negara atau dalam hal ini pajak, seiring dengan meningkatnya kesejahteraan penduduk.

Adapun unit yang akan menjadi penanggungjawab dari wacana ini adalah Badan Kebijakan Fiskal (BKF). Sementara itu, unit atau institusi terkait akan melibatkan Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenkeu.

RUU ini ditargetkan selesai pada periode tahun 2021 sampai dengan 2024 mendatang.

SN 09/Editor