World Federation of Trade Union (WFTU) atau Gabungan Serikat Buruh Sedunia, atas nama lebih dari 95 juta buruh yang tinggal, bekerja dan berjuang di setiap penjuru dunia mengucapkan rasa solidaritas internasional kepada buruh garmen di Indonesia

(SPN News) Jakarta, Pernyataan sikap tersebut disampaikan setelah ratusan buruh yang menamakan dirinya Komite Aksi Perjuangan Buruh Nike melakukan aksi di Kantor NIKE perwakilan Indonesia, tepatnya di Gedung Bursa Efek Jakarta. Sebagaimana diketahui, unjuk rasa ini dilakukan oleh buruh yang bekerja di perusahaan-perusahaan yang mengerjakan produk Nike (pemasok) di Indonesia yaitu PT Kahoindah Citragarment yang berada di Kawasan Berikat Nusantara Cakung, Jakarta, PT Dream Sentosa Indonesia di Karawang dan PT KMK Global Sport di Kabupaten Tangerang.

Baca juga:  APAKAH BISA BERPRODUKSI TANPA BURUH ?

Mereka menuntut pertanggungjawaban Nike selaku perusahaan pemegang merk ataspersoalan yang mereka hadapi di tempat kerja. Terutamanya terhadap penarikan order Nike di beberapa perusahaan. Menurut para buruh, tindakan nike tersebut mengakibatkan terjadinya pengangguran yang cukup besar. Mereka juga menilai hal tersebut dilakukan oleh Nike dengan tujuan untuk memutasikan order ke daerah lain yang upah minimumnya masih rendah seperti di Jawa Tengah.

Selain itu mereka juga meminta agar Nike bersikap tegas kepada perusahaan-perusahaan pemasok yang melakukan kesewenang-wenangan dan perampasan hak-hak buruhnya. Dalam press release yang dibagikan, para buruh menyampaikan tempat mereka bekerja seringkali melakukan tindakan intimidasi dengan berbagai cara, bahkan tindakan perusahaan diduga mengarah pada misi pemberangusan serikat pekerja/buruh.

Baca juga:  MK MENOLAK PERMOHONAN UJI MATERI PASAL 167 AYAT 3 UU NO 13/2003

Berdasarkan hal tersebut WFTU menyerukan kepada seluruh kelas buruh di Indonesia untuk mendukung perjuangan buruh garmen ini hingga tuntutan mereka terpenuhi. Menurut WFTU bahwa para buruh garmen di Indonesia dibayar tidak sebanding dengan nilai produk yang mereka ciptakan yang berharga jutaan dolar. WFTU memastikan akan berdiri berdampingan dengan kelas buruh di Indonesia yang menuntut upah yang berharga diri, meningkatkan kondisi kerja, kesehatan dan keselamatan kerja yang memadai di tempat kerja serta hak-hak serikat pekerja/buruh.

WFTU menjamin bahwa perjuangan buruh garmen di Indonesia akan mendapat dukungan penuh dari buruh dunia.

SN 07/Editor