(SPN News) Bandung, Tanggal 3 – 11 September 2016 ILO perwakilan Jakarta/Indonesia mengadakan pelatihan Training Of Trainers (TOT) On Well Informed Collective Bergaining, bertempat di Mason Pine Hotel, Jalan Raya Parahyangan KM 1,8 Kota Baru Parahyangan Bandung. Pembukaan pelatihan ini dihadiri oleh Cristian Panjaitan sebagai moderator, Michiko Miyamoto dari kantor ILO perwakilan Jakarta/Indonesia, Matt C dari kantor ILO perwakilan Bangkok/Thailand, Retna dari Kementerian Tenaga Kerja dan 30 orang peserta TOT yang berasal dari Disnaker, Apindo, serikat pekerja/serikat buruh dan perwakilan dari Timor Leste. Tujuan diadakan pelatihan ini adalah untuk mencetak trainers yang andal dalam Collective Bergaining atau Perundingan Bersama sehingga tercipta hubungan industrial yang harmonis dan kondusif.

Acara dibuka pukul 18.30 WIB, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Berturut-turut sambutan disampaikan oleh Michiko Miyamoto, selanjutnya sambutan dari Matt C dan terakhir sambutan dari Retna yang membacakan sambutan tertulis dari Direktur PHI dan Jamsos Kementrian Tenaga Kerja Hayani Rumondang yang berhalangan hadir karena harus menghadiri rapat kerja dengan DPR RI. Sambutan dari Retna tersebut sekaligus menandai dibukanya TOT On Well-Informed Collective Bergaining secara resmi.

Setelah acara pembukaan, pelatihan dilanjutkan dengan game yang tujuannya adalah untuk melatih peserta agar memperhatikan dan memahami setiap kata dan atau kalimat yang disampaikan oleh lawan bicaranya, game ini dipimpin oleh Enda Mulyono.

Setelah game tersebut, selanjutnya istirahat santap malam (pukul 19.15-20.00 WIB). Dan acara TOT di lanjutkan lagi, masih dipandu oleh Enda Mulyono. Pada kesempatan ini semua peserta diminta untuk menuliskan dan menyampaikan apa yang ingin dicapai dalam mengikuti TOT. Setelah semua peserta menuliskan dan sebagian menyampaikan harapannya,  dipilihlah ketua kelas yang akan memimpin TOT ini. Diputuskan bahwa yang menjadi ketua kelas akan bergiliran setiap harinya selama acara TOT ini berlangsung. Dan yang terpilih sebagai ketua hari pertama adalah Erni. Selanjutnya setelah menentukan aturan dasar yang harus dipatuhi oleh semua peserta, acara TOT hari ini pun ditutup.

 

Shanto/Coed

Baca juga:  BURUH JAWA TIMUR TOLAK UMP