(SPNNEWS) Bahodopi, Sulawesi Tengah – Ketua Umum dan Sekretaris Umum DPP SPN kembali melakukan kunjungan kerja pasca Kongres ke VIII SPN di Bandung. Kali ini, mereka mengunjungi SPN Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, pada tanggal 9-10 Februari 2024.

Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan terkait dengan isu-isu ketenagakerjaan di Morowali, terutama masalah Hak-Hak Normatif, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dan Pengupahan.

Ketua Umum DPP SPN Iwan Kusmawan, SH mengatakan bahwa isu ketenagakerjaan di Morowali perlu menjadi perhatian khusus karena banyak hal yang harus dibenahi, terutama hubungan Industrial dan Norma Kerja.

“Morowali merupakan wilayah potensi terbesar sektor pertambangan dengan perkembangan industri yang sangat cepat. Potensi penyerapan tenaga kerja pun tinggi, sehingga para pencari kerja diuntungkan,” kata Iwan Kusmawan (Ketua Umum SPN).

Baca juga:  HAKIM PUTUSKAN JUNGLELAND HARUS BAYAR PESANGON RP 3,8 M

Namun, Iwan Kusmawan (Ketua Umum SPN) juga menyoroti maraknya TKA di Morowali yang seolah-olah sudah seperti di kampungnya sendiri. “Kehadiran TKA harus dipastikan tidak mencederai hak-hak dan kesejahteraan Tenaga Kerja Indonesia (TKI),” tegasnya.

“Jenis pekerjaan TKI dan TKA banyak yang sama, sehingga jangan sampai ada ketimpangan,” imbuhnya.

Iwan Kusmawan (Ketua Umum SPN) juga menyampaikan bahwa SPN akan terus memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan TKI, termasuk di Morowali.

SN-08/Admin