SEMINAR NASIONAL EKONOMI POLITIK

SEMINAR NASIONAL EKONOMI POLITIK

(SPN News) Jakarta, Disela-sela rangkaian acara sidang Rakernas IV KSPI, diadakan pula acara Seminar Nasional Ekonomi Politik dengan tema Menuju Indonesia Baru, Indonesia Kita Bukan Indonesia Kamu.

Yang menjadi pembicara dalam seminar ini adalah Dr. Ichsanuddin Noorsy MSi, Prof. Dr. Yudhie Haryono, Muhammad Ridha Ssos, MM dan Obon Tabroni serta yang menjadi moderator adalah Iswan Abdullah.

Dr. Ichsanuddin Noorsy, MSi dalam seminar ini menyampaikan makalah dengan judul Globalisasi, Masyarakat Ekonomi ASEAN dan posisi Indonesia. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan beberapa kesimpulan awal yaitu semakin terbuka perekonomian maka akan semakin tinggi ketimpangan, semakin timpang perekonomian semakin tinggi tingkat konflik sosial, semakin tinggi tingkat konflik sosial semakin rawan keadaan masyarakat, semakin timpang perekonomian semakin tinggi tingkat kriminalitas, semakin tinggi tingkat kriminalitas semakin banyak korban, semakin banyak korban semakin banyak kasus, semakin timpang perekonomian semakin kental pengelompokan masyarakat, semakin kental pengelompokan masyarakat semakin tinggi tingkat kecemburuan sosial (asoisatif berjalan seiring dengan dissosiatif), semakin intens proses asosiasi dan dissosiasi semakin butuh kepemimpinan yang diteladani, semakin kuat iklim sosial berbasis materialisme semakin sulit proses sosial politik melahirkan kepemimpinan yang mumpuni dan ketiadaan kepemimpinan yang diteladani berakibat konflik sosial politik merebak secara vertical dan horizontal.

Prof. Dr Yudhie Haryono dalam makalahnya menyatakan segala permasalahan yang terjadi bias terjawab dengan adanya revolusi kepemimpinan baik revolusi mental maupun konstitusional, dangan kata lain kita membutuhkan penyegaran kepemimpinan nasional setepat dan secepatnya, tetapi tidak sekedar penyegaran objek dan subjek melainkan juga gagasan dan visi yang berkarakter Indonesia.

Pembicara selanjutnya adalah Muhammad Ridha Ssos. MA, beliau menyampaikan tentang Politik Indonesia dan Prospek bagi partai Alternatif.

Dan yang menutup dari rangkaian pembicara adalah Obon Tabroni, beliau menceritakan tentang keadaan riil pergerakan buruh disaat ini.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab dan berlangsung dengan aktif mengingat dengan keadaan riil Indonesia saat ini dan tema dari Rakernas IV KSPI ini

Shanto – Jabar 6

SERIKAT PEKERJA NASIONAL (SPN) Bangga dan Mendukung Suksesnya "Asian Games ke-18, Jakarta Palembang 2018" Energi Of Asia

KONTRIBUSI KANTOR PUSAT

TOTAL DANA YANG TERKUMPUL

Rp.323.602.000

Untuk lebih detailnya klik.

Arsip