Serikat Pekerja Nasional (SPN) adalah merupakan salah satu Federasi Serikat Pekerja terbesar di Indonesia yang mempunyai  anggota sebanyak 317.000 orang dan tercatat sebagai federasi serikat pekerja terbesar di Indonesia tentu saja banyak melakukan kegiatan. Sepanjang tahun 2016 tercatat banyak kegiatan yang dilakukan dan terintegrasi dari tingkat pusat sampai dengan tingkat PSP. Kegiatan ini mencerminkan dinamika bahwa SPN sebagai organisasi pergerakan akan terus melakukan fungsi dan kewajibannya dalam rangka mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya. Kegiatan yang bersifat internal maupun eksternal seperti Majenas, Rakernas, Rakornas, workshop, Membership meeting, pelatihan dan bantuan sosial secara kontinyu diselenggarakan, begitu pula kegiatan serupa yang berlangsung di tingkat daerah/provinsi, cabang/Kota dan Kabupaten maupun di tingkat PSP. SPN pun secara lantang melakukan perlawanan terhadap peraturan-peraturan yang merugikan kaum pekerja baik di tingkat Daerah maupun di Tingkat Nasional diantaranya pemberlakuan PP No 78 tahun 2015 tentang Pengupahan, melawan upah murah, upah padat karya, sistem kerja kontrak, outscourcing, kondisi kerja yang layak, carut marutnya pelaksanaan program BPJS baik kesehatan maupun Ketenagakerjaan. SPN juga secara konsisten mengangkat isu-isu tentang maternitas mengingat mayoritas anggota SPN adalah perempuan. SPN pun telah secara nyata mengimplementasikan tentang isu kesetaraan gender dengan membentuk Komite perempuan diseluruh tingkatan organisasi baik pusat maupun PSP. Tidak lupa juga SPN melakukan upaya-upaya advokasi atas beberapa kasus perselisihan yang menimpa anggotanya baik melalui tingkat PSP maupun sampai pusat. Adapun peningkatan kapasitas kepemimpinan dan anggota SPN, selain dilakukan secara swadaya juga dilakukan atas kerjasama dengan Afiliasi SPN  KSPI dan Indutri ALL serta jaringan-jaringan lainnya seperti  Kantor ILO Indonesia, Solidarity Center  dan yang lainnya. Harapannya pada tahun-tahun yang akan datang SPN semakin bisa menunjukkan eksistensinya dalam membela, melindungi, meningkatkan kesejahteraan dan mencerdaskan pekerja khususnya anggota SPN dan keluarganya.

Adapun rangkaian kegiatan SPN dari bulan Januari sampai dengan Desember 2016 yang tercermin didalam web SPN adalah sebagai berikut :

 

Januari 2016

Kegiatan SPN di bulan Januari 2016 yang berhasil dipublish di media SPN meliputi beberapa kegiatan, diantaranya adalah : Konsolidasi akhir tahun DPD SPN Daerah Istimewa Yogyakarta, Rakordasus DPD SPN DKI Jakarta, Aksi buruh Sidoarjo dalam menuntut revisi tentang UMSK, Konferta seperti yang dilakukan oleh PSP SPN PT Budi Muaratex Jakarta, Konsolidasi PSP SPN PT Adi Satria Abadi Yogyakarta dan kegiatan bakti sosial seperti yang dilaksanakan oleh PSP SPN PT Actem Kota Tangerang, PSP SPN PT Ching Luh Kabupaten Tangerang dan PSP SPN PT Katexindo Citra Mandiri Jakarta.

 

Februari 2016

Menginjak bulan Februari 2016, Kegiatan yang menghiasi media SPN semakin beragam karena ada beberapa kegiatan baik nasional maupun regional berhasil dipublish, diantaranya adalah : Konsolidasi yang dilakukan oleh DPD SPN Jawa Barat, DPC SPN Jakarta Utara, pembentukan Komite Perempuan DKI Jakarta dan Komite Perempuan Nasional SPN, Pelaksanaan Majenas II SPN di Semarang yang diantaranya juga diisi dengan workshop-workshop , pelantikan DPC SPN Kabupaten Jepara. SPN pun terlibat secara aktif dalam Gerakan Buruh Indonesia dalam menentang kriminalisasi 26 aktivis buruh. DPP SPN melakukan rapat kordinasi dengan DPD SPN DKI Jakarta dalam langkah mengadvokasi bapak Hadi Kuswanto salah seorang pengurus DPC SPN Jakarta Barat yang dijadikan tersangka dalam kasus aksi unjuk rasa tanggal 30 Oktober 2015. Selain itu ada juga kegiatan Konferta seperti yang dilakukan oleh PSP SPN PT Dupantex Kabupaten Pekalongan.

 

Maret 2016

Bulan Maret 2016 berita-berita yang menghiasi media SPN terdiri dari : berita pengawalan sidang kriminalisasi 26 aktivis buruh, SPN turut serta secara aktif dalam Rakernas IV KSPI yang diselenggarakan di Jakarta. Selain itu ada pelatihan-pelatihan seperti Organizer Training Industri ALL, Diklat Leadership SPN Kota Bogor dan pelatihan membuat struktur skala upah di PSP SPN PT Tiga Dara. Berita tentang pembentukan Komite Perempuan Kabupaten Bogor. Ada pula berita tentang aksi menuntut UMSP di PT Baja Marga Kharisma Jakarta,PSP SPN PT Seasonal Supplies Indonesia menggugat PT SSI ke PHI dan audensi pengurus PSP SPN se-Kabupaten Bogor ke DPRD Kabupaten Bogor. Berita Konferta di PSP SPN PT Indonesia Teijin Dupont Films, PSP SPN PT Timur Raya Tunggal dan PSP SPN PT Nikomas Gemilang. Berita Rakorcab DPC SPN Kabupaten Bekasi dan konsolidasi PSP SPN PT Kahoindah Citragarment Tambun. Dan ada juga berita tentang investigasi DPP SPN yang dipimpin langsung Ketua Umum SPN bapak Iwan Kusmawan SH atas kasus pembacokan terhadap saudara Bambang pengurus PSP SPN PWI I. Selain itu juga ada berita tentang bakti sosial berupa donor darah seperti yang dilakukan oleh PSP SPN PT Pancaprima Ekabrothers.

 

April 2016

Berita bulan April 2016 masih dihiasi oleh berita tentang pengawalan sidang kriminalisasi 26 aktivis buruh. Ada juga berita tentang Konferta di PSP SPN PT Metropoly Jaya Nusa, PSP SPN PT Sunindo Adipersada dan rangkaian konferta di PSP SPN PT Nikomas Gemilang. Kunjungan silahturahim DEN KSPI, ILO dan Serikat Pekerja Belgia ke DPP SPN. Pelatihan Media sebagai sarana perjuangan organisasi. Pembentukan Komite Perempuan Bekasi Raya. Advokasi PSP SPN PT BMKU, ada juga liputan sidang LKS Tripartit di Kabupaten Pekalongan dan juga aksi ngamen sebagai bentuk solidaritas atas karyawan yang di PHK dan dirumahkan di Kabupaten Pekalongan. Berita persiapan daerah menjelang peringatan Mayday dan Dialog Publik Pra Mayday yang diselenggarakan di Kota Bogor.

Baca juga:  PENUTUPAN TURNAMEN LIGA KOBAYASHI CUP 2019 PT ACTEM

 

Mei 2016

Bulan Mei adalah bulan yang bersejarah bagi pergerakan kaum buruh, hal ini ditandai dengan peringatan hari buruh sedunia setiap tanggal 1 Mei. SPN melakukan peringatan May day dengan mengelar aksi unjuk rasa secara nasional di Gedung DPR. Dalam aksi peringatan May day ini SPN mengajukan 12 tuntutan kepada pemerintah RI. Berita lainnya di bulan Mei adalah tentang proses advokasi PSP SPN PT Dutatex dan PSP SPN PT Sendi Pratama. Ada juga berita tentang sejumlah Konferta yang diselenggarakan oleh PSP SPN PT Astika Sambo Hair Internasional, PSP SPN PT Pancaprima Ekabrothers, PSP SPN PT KahoIndah Citragarment dan PSP SPN PT Lazeknesia Jaya. Selain itu ada acara bedah PKB di PSP SPN PT Actem. Ada pula kegiatan kerohanian seperti yang dilakukan PSP SPN PT Budi Muaratex berupa peringatan Isro dan Miraj dan darmawisata PT Shinta Group Bekasi Tangerang. Dan tidak kalah pentingnya adalah berita konsolidasi SPN di Kabupaten Purbalingga.

 

Juni 2016

Bulan Juni 2016 media SPN masih memuat tentang berita sidang kriminalisasi 26 aktivis buruh, pelatihan advokasi di DPC SPN Jakarta Utara, audensi dengan BPJS Ketenagakerjaan. Ada juga berita tentang konsolidasi DPC SPN Kabupaten Purbalingga dan Rakorcab DPC SPN Kabupaten Sidoarjo. Berita Advokasi PSP SPN PT Muara Krakatau atas PHK sepihak. Selain itu ada aksi unjuk rasa unik yang dilakukan DPC SPN Kabupaten Pekalongan yaitu unjuk rasa dengan memakai kain pocong untuk menggambarkan matinya keadilan.

 

Juli 2016

Bulan Juli 2016 berita di media diisi dengan berita tentang mudik bareng yang dilakukan oleh PSP SPN PT Pancaprima ekabrothers, PSP SPN PT Indo Everst Texindo dan mudik di KBN Cakung Jakarta. Selain itu ada berita tentang sidang lanjutan kasus kriminalisasi 26 aktivis buruh. Halal bihalal di sejumlah daerah seperti yang dilakukan oleh DPC SPN Kabupaten Bekasi. Konsolidasi DPC SPN Kabupaten Purbalingga, pendidikan paralegal DPC SPN jakarta Utara dan Konfercab DPC SPN Kabupaten Bekasi.

 

Agustus 2016

Bulan Agustus 2016 banyak berita yang di publish di media SPN, seperti berita tentang Rakerda DPD SPN Jawa Tengah, Rakercab DPC SPN Kota Bogor, Konsolidasi DPP SPN dengan SPN se-DIY, konsolidasi SPN se-Jawa Timur dan Konsolidasi di internal PSP seperti yang dilakukan PSP SPN PT Duta Makmur Bersama. Berita tentang workshop pengorganisasian, Asia Pasific Regional Living Wage workshop  dan pelatihan di tingkat PSP. Berita tentang peringatan hari kemerdekaan RI yang ke-71 seperti yang di Kabupaten Serang dan di PSP SPN PT Pancaprima Ekabrothers yang sekaligus memberikan beasiswa kepada anak-anak yang berprestasi. Peringatan ulang tahun web SPN. Berita PSP SPN PT Newmont NTB menuntut hak pekerja, DPC SPN Kabupaten Serang menentang maraknya tenaga asing ilegal di kabupaten serang, perjuangan PSP SPN PT ISS, perjuangan PSP SPN PT Bumi Mulia Makmur Lestari, PSP SPN PT Matrix Indo Global dan PSP SPN PT Duta Makmur. Ada juga berita tentang bakti sosial yang dilakukan oleh SPN Kabupaten Magelang, pemasangan rambu lalu lintas dikawasan PSP SPN PT Nikomas gemilang dan darmawisata PSP SPN PT Actem. Peringatan satu tahun Komite Perempuan DPD Provinsi Banten dan kunjungan Tim Oxfam Australia yang mensurvei upah di DKI Jakarta. Dan tidak lupa berita mengenai lanjutan sidang kriminalisasi 26 aktivis buruh.

 

September 2016

Bulan September 2017 terdapat beberapa berita yang berhasil di publish baik yang berskala nasional maupun regional, seperti rapat koordinasi yang dilakukan oleh DPD SPN Jawa Barat, DPD SPN DKI Jakarta dalam persiapan untuk mengikuti Rakornas dan workshop Nasional yang akan diselenggarakan DPP SPN. Rakornas sendiri dilaksanakan pada tanggal 21 September 2016 di Wisma Bahari Cipayung Bogor dan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan workshop nasional yang membahas tentang organisasi SPN. Selain itu ada beberapa berita tentang koordinasi di beberapa PSP seperti yang terjadi di Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Semarang. Pelaksanaan Konfercab DPC SPN Kabupaten Pekalongan. Selain itu ada berita tentang pelaksanaan kurban di DPC SPN Kabupaten Bekasi, kegiatan tim Fasilitator DPC SPN Kabupaten Serang, kegiatan seminar tentang kekerasan terhadap perempuan yang dilaksanakan oleh PSP SPN PT Pancaprima Ekabrothers dan kegiatan perlombaan yang dilaksanakan di PSP SPN PT Nikomas Gemilang. Ada juga berita tentang pelanggaran ketenagakerjaan seperti yang terjadi di Kabupaten Lamongan, Kota dan Kabupaten Lamongan dan perjuangan PSP SPN PT Indah Subur Sejati.

Baca juga:  BURUH RIAU TUNTUT UMSK SEKTOR PERKEBUNAN

 

Oktober 2016

Bulan Oktober ini adalah bulan dimana perjuangan upah dimulai. Berita yang dapat dipublish terkait dengan pengawalan upah yaitu tentang rapat Dewan Pengupahan DKI Jakarta dan Kabupaten Pekalongan. Aksi unjuk rasa terkait Upah terjadi dibeberapa tempat seperti di Banten, DKI Jakarta, Bogor Raya, Kabupaten/Kota Pekalongan dan tentu saja Rapat Akbar Buruh jawa Barat. Selain berita perjuangan menuntut upah, ada juga berita tentang aksi peringatan hari Decent work yang dipusatkan di Gedung DPR dan aksi untuk memperingati hari Sumpah Pemuda di Pekalongan. Perjuangan menuntut hak di PT Ragatex, PT Yamamori Indonesia, PT Indonesia Tunggal Citra juga menghiasi media SPN pada bulan Oktober ini. Sumbangan keluarga besar SPN kepada korban banjir bandang di Garut dan juga kunjungan silaturahim ILO BWI juga mewarnai media SPN. Kegiatan pelatihan di tingkat PSP Kabupaten Pekalongan, Solo, Magelang, Kabupaten Serang dan Kabupaten Semarang. Selain itu ada pelatihan paralegal di DPC Kota Tangerang, Pemberdayaan anggota Komite Perempuan Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat yang dilaksanakan di kantor DPP SPN, Woman Membership dan Union leader Capacity Building di Jawa Tengah. Rakerda 2 DPD SPN Banten dan beberapa Konferta seperti yang terjadi di PSP SPN PT Actem, PSP SPN PWI I dan PSP SPN PT Panbrothers yang berhasil mengantarkan seorang perempuan menjadi Ketua PSP. Ada juga kegiatan sosial seperti donor darah yang dilakukan oleh PSP PT Pancaprima Ekabrothers dan PSP SPN PT Pelangi Cimandiri Textile. Serta berbagai kegiatan penyuluhan untuk anggota seperti deteksi dini kanker mulut rahim dan menumbuhkan pemberian asi eksklusif yang dilakukan oleh PSP SPN PT Pancaprima Ekabrothers.

 

November 2016

Bulan November 2016 berita masih didominasi oleh perjuangan menuntut upah, seperti yang dilakukan buruh di DIY yang sampai harus melakukan aksi diam di hadapan Sultan Yogyakarta, aksi buruh Jawa Timur dalam menolak UMP, aksi buruh Bogor Raya, Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, Kota/Kabupaten Tangerang, Cirebon, Sumatra Utara, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Rakorda DPD DKI Jakarta dan konsolidasi PSP se-DKI Jakarta turut menghiasi kegiatan di bulan ini. Berita tentang sidang yang memutuskan bahwa 26 aktivis buruh tidak bersalah juga menjadi headline di media SPN.  Selain itu ada membership Meeting yang dilakukan oleh DPP SPN di Banten, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta dan Sumatera Utara. Kegiatan konsolidasi dan capasity building di tingkat PSP seperti yang dilakukan di PSP SPN PT Panamtex, PSP SPN PT Iskandartex, PSP SPN PT Nikomas Gemilang dan diklat capacity building yang dilakukan oleh DPC SPN Kabupaten Serang untuk PSP baru. Woman Membership Meeting di DIY dan Pertemuan kontributor web di DPP juga mewarnai berita bulan november. Berita tentang bakti sosial diwakili oleh pemberian beasiswa untuk anak-anak yang berprestasi di PSP SPN PT Nikomas Gemilang. Dan tentu saja berita tentang penetapan UMP dan UMK yang memicu aksi unjuk rasa seperti yang dilakukan oleh Aliansi Banten Darurat Upah yang berhasil menutup akses pintu masuk dan keluar tol Bitung kabupaten Tangerang.

 

Bulan Desember

Pada awal bulan Desember tepatnya tanggal 2 Desember SPN yang tergabung bersama KSPI melakukan aksi besar untuk menolak PP No 78 Tahun 2015 dan upah murah. Aksi ini bukan bermaksud untuk mendompleng Aksi Bela Islam jilid III tetapi semata-mata dilakukan sebagai bentuk perlawanan buruh atas penerapan PP No 78 Tahun 2015 yang berimbas kepada penetapan UMK di berbagai daerah. Pada bukan Desember juga dilaksanakan beberapa aksi untuk mendorong penetapan UMK seperti yang dilakukan di provinsi Banten, Jawa Barat khususnya di Kabupaten Bogor dll. Selain itu ada kegitan Rakercab DPC SPN Jakarta Utara, Rakorda DPD SPN Jawa tengah dan Woman Membership meeting KP Banten di Kota Tangerang. Selain itu ada kegiatan-kegiatan pendidikan baik tingkat DPC seperti Pendidikan dan Pelatihan Kepailitan di DPC SPN Kota Tangerang maupun pendidikan dan pelatihan di tingkat PSP seperti yang dilakukan di PSP Hings Subur, PSPB Bintang Lima Aneka Warna dll. Dan pada bulan ini pun ada kabar duka bagi keluarga besar SPN yaitu tutupnya PT Hisotex yang berada di Jakarta Barat tentu ini merupakan kehilangan besar bagi keluarga SPN karena dengan tutupnya pabrik tersebut keluarga besar SPN pun menjadi berkurang

Demikianlah sekelumit kegiatan yang terjadi di lingkungan keluarga besar SPN sepanjang tahun 2016 dan semoga di tahun 2017 yang akan datang SPN akan dapat berkiprah dengan lebih baik demi mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya.

 

Shanto/Coed