​Management PT Bees footwear Inc menyatakan pailit ratusan buruh ter PHK

(SPN News) Serang, (05/05/2018) PT Bees Footwear Inc merupakan salah satu perusahaan padat karya di Kabupaten Serang yang memproduksi alas kaki/sepatu Brand Asics dengan investor dari Korea Selatan. Saat ini management PT Bees Footwear Inc melakukan PHK dengan kompensasi secara bertahap kepada sekitar 650 orang karyawan dari seluruh Departemen dengan mayoritas bekerja di bagian sewing. 

Menurut Agus, selaku perwakilan management bahwa perusahaan sedang mengalami pailit, disamping itu perusahaan juga sedang melakukan perbaikan management terkait dengan banyaknya karyawan yang menggunakan ijazah pinjaman atau identitas palsu. Dimana sebelumnya sudah diberikan kesempatan kepada karyawan untuk melakukan perbaikan namun sampai pada batas waktu yang telah ditentukan masih banyak karyawan yang belum melakukan perbaikan data. Sehingga pihak management mengambil langkah untuk menawarkan kepada karyawan untuk mengundurkan diri dengan kompensasi atau PHK dengan alasan ijazah palsu.

Baca juga:  KECELAKAAN KERJA ANGGOTA PSP SPN PT ITSS

Dari ratusan buruh tersebut juga terdapat beberapa orang yang merupakan anggota PSP SPN PT Bees Footwear Inc. PSP SPN akan melakukan upaya advokasi untuk anggota yang menolak tawaran dari management, PSP SPN akan melakukan upaya litigasi sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam penyelesaian perselisihan hubungan industrial mulai dari upaya bipartit, mediasi sampai ke pengadilan.

“PSP SPN akan melakukan upaya hukum dalam rangka pendampingan kepada anggota yang menolak tawaran PHK ini. PSP SPN siap melakukan bipartit, mediasi maupun proses di PHI untuk menuntaskan masalah ini”, jelas Rumsilahsari Pengurus PSP SPN PT. BEES FOOTWEAR INC

Mumun Banten 5/Editor