​Akibat berhentinya operasi dari PT Panasia dan PT Mikitex diperkirakan 1.900 orang mengalami PHK.

(SPN News) Bandung, menjelang berakhirnya tahun 2017 terdapat dua perusahaan di Kabupaten Bandung yang bergerak di sektor textile dan garment tutup beroperasi.

Akibat kejadian ini sekitar 1.900 orang pekerja harus dirumahkan bahkan mungkin akan di PHK.Sampai berita ini ditulis, belum diketahui secara pasti bagaimana nasib dari 1.900 pekerja tersebut.

Penurunan daya beli disebut – sebut menjadi faktor yang membuat beberapa perusahaan besar mengalami kolaps akibat menurunnya order dari pembeli. Selain itu faktor kenaikan upah disebut juga sebagai pemicu naiknya biaya operasional dari pabrik – pabrik yang ada di Kabupaten Bandung.

Baca juga:  H&M BERSIKUKUH BAHWA PESANGON TANGGUNG JAWAB PT LIEBRA PERMANA

Tetapi anehnya tahun 2016 yang lalu tercatat hanya ada 2 perusahaan yang mengajukan penangguhan upah kepada Disnaker, oleh karena itu disinyalir banyak perusahaan yang melakukan penangguhan upah “dibawah tangan”.

Dari berbagai sumber yang didapat, sampai berita ini ditulis belum ada satu pun perusahaan di Kabupaten Bandung yang mengajukan penangguhan upah untuk 2018.

Shanto dari berbagai sumber/Editor