​(SPN News) Tangerang,  23 Febuari 2017 PSP SPN PT Pancaprima Ekabrothers mengadakan penyuluhan Ibu Hamil dan diselenggarakan divruang serbaguna TSM PT Pancaprima Ekabrothers yang beralamat di jalan Raya Siliwangi No 178a Tangerang. Acara ini mulai pada pukul 14.00 WIB dan diikuti oleh 50 orang peserta ibu hamil. 

Acara dibuka oleh bung Aristiawan mewakili pengurus PSP PT Pancaprima yang menyampaikan harapan agar acara ini dapat bermanfaat bagi anggota serikat khususnya ibu ibu hamil yg ada perusahaan. Selanjutnya sambutan dari perwakilan dari pihak perusahaan yakni bapak Irham yang menyampaikan dengan adanya penyuluhan ini karyawan tidak hanya membuat ibunya sehat tapi juga bayi yang dikandung dapat terjaga dengan baik dan juga sehat. Kemudian acata dilanjutkan oleh Dr Eltra Sabarian dari Rumah Sakit Melati beliau menyampaikan tentang tema hari ini adalah “Mengenali Tanda Bahaya Pada Kehamilan” agar para ibu hamil dapat mengenali ciri ciri tanda bahaya pada ibu hamil. Acara kemudian dipandu oleh bidan Yeni Yuhaini dari Rumah Sakit Melati sebagai narasumber. Bidan Yeni menyampaikan bahwa kelainan pada ibu hamil itu ada dua yakni : 1. Yang fisiologis yakni normal terjadi dan tidak bahaya seperti emesis gravidarum edem tungkai dan wasir. 2. Yang patologis : tidak baik dan cenderung berbahaya seperti pre-eklampsia, eklamsia, pendarahan, ketuban pecah dini, janin kurang/tidak bergerak, penyakit jantung, sakit kuning dan diabetes. Selanjutnya apa yang dimaksud dengan istilah istilah dalam kelainan kehamilan yang tidak berbahaya dipaparkan secara langsung seperti : 1. Emesis gravidarium yakni mual dan muntah pada kehamilan, 2. Edema Tungkai yakni bengkak hanya pada kedua tungkai/kaki dengan tekanan darah normal. 

Baca juga:  WASPADAI KENAIKAN HARGA SEMBAKO

Istilah-istilah dalam kelainan kehamilan yang dianggap berbahaya seperti: 

1. Pre Eklamsia yaitu peningkatan tekanan darah diatas 140/90, 

2. Eklamsia yaitu terjadi kejang pada kehamilan dengan Pre Eklamsia,

3. Perdarahan yaitu keluarnya darah segar dari jalan lahir,

4. Ketuban pecah dini yakni, keluarnya air ketuban pada saat sebelum masuk masa bersalin,

5. Gerakan janin berkurang yakni gerak janin diangka normal bila dirasakan minimal 1X setiap jam,

6. Penyakit jantung yakni ibu merasa lelah dan sesak pada saat aktifitas ringan,

7. Penyakit Kuning yakni jika muka dan bola mata ibu tampak kuning atau terkena Hepatitis A atau B,

8. Diabetes/ Kencing Manis yakni pemeriksaan kadar gula puasa dan dua jam sesudah makan dan bisa terjadi bayi terlalu besar,

Baca juga:  KP JATENG SIAP SUKSESKAN KONFERENSI KOMITE PEREMPUAN SPN

9. Anemia yakni bila kadar HB  kurang dari 10g%.

Setelah semua materi disampaikan para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya salah satunya adalah saudari Rita yang menanyakan apakah normal ibu hamil sering buang air kecil paling banyak 3 – 4 kali dalam satu malam dan bidan Yeni menjawab normal karna pada saat istirahat ibu hamil dalam keadaan rileks. Kemudian saudari Bela menanyakan pada saat tidur menggunakan dua bantal apakah tidak bermasalah dan langsung dijawab tidak apa apa dengan catatan harus sering miring ke kiri agar asupan oksigen dapat diterima oleh bayi.

Acara berakhir pada pukul 16.00 WIB dan selama acara berlangsung diadakan juga cek up kandungan atau USG gratis dari Bidan Intan yang bekerja sama dengan salah satu produk susu ibu hamil.

Aprilianti/Coed