Banyaknya pengusaha Korea Selatan yang bermasalah di Indonesia, Presiden Moon Jae-in memerintahkan aparat berwenang meinvestigasi perusahaan – perusahaan Korea Selatan.

(SPN News) Jakarta, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menginstruksikan aparat berewenang menyelidiki dugaan adanya perusahaan Korsel di Indonesia yang tidak membayar gaji pegawainya.

“Dalam dugaan kasus keterlambatan pembayaran gaji, Presiden Moon sudah menginstruksikan penegak hukum secara aktif bekerja sama dengan penegak hukum RI untuk meluncurkan investigasi di bawah perjanjian ekstradisi,” sebut wakil juru bicara Istana Kepresidenan Korsel Ko Min-jung seperti dikutip dari Korean Herald, Sabtu (9/3).

Perintah dikeluarkan setelah munculnya laporan bahwa seorang pemilik dan manajer perusahaan jahit Korsel di Indonesia kabur tanpa membayar gaji para pekerja lokal. Meski demikian, pemerintah Korsel tidak membeberkan nama perusahaan tersebut.

Baca juga:  SPN KABUPATEN BOGOR MEMINTA DISNAKER TOLAK UPAH DIBAWAH UMK

Di bawah perjanjian ekstradisi antara Korsel-RI, nantinya penegak hukum Negeri Ginseng akan meluncurkan investigasi sendiri. Hasilnya akan diserahkan ke penegak hukum Indonesia. Ko menambahkan, Presiden Moon juga menginstruksikan agar semua perusahaan Korsel di Indonesia diinvestigasi. Pemeriksaan diluncurkan untuk membuktikan apakah masih ada perusahaan Korsel lainnya yang tak membayar gaji pekerja lokal.

“Tidak boleh ada lagi kasus perusahaan Korsel melukai pekerja lokal. Kami tak ingin kepercayaan dan kerja sama kami dengan negara lain hancur karena kasus seperti ini,” pungkas dia.

SN 09 dikutip dari Kumparan/Editor