​(SPN News) Jakarta, 30 April 2017 bertempat di Kantor Pusat DPP SPN dilakukan beberapa persiapan dalam rangka memperingati hari buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada tanggal 1 Mei lusa. Seperti yang telah kita ketahui bahwa DPP SPN melalui surat nomer : A.00958/DPP-SPN/IV/2017 telah memerintahkan kepada seluruh jajaran SPN untuk melakukan peringatan May Day. 

Sehubungan dengan peringatan May Day 2017 dimana momen May Day adlah merupakan sejarah perjuangan pekerja/buruh dunia dalam rangka memperjuangkan hak-hak pekerja/buruh dunia termasuk Indonesia maka DPP SPN dengan DPD penyangga ibu kota RI telah melakukan rapat kordinasi yang menghasilkan sikap dan sekaligus memerintahkan kepada seluruh perangkat beserta anggotanya di seluruh Indonesia untuk melakukan peringatan May Day. Ketentuannya sebagai berikut : 1. SPN akan melakukan peringatan May day 2017 dengan melakukan aksi massa di depan Istana Merdeka di Jakarta, 2. Massa aksi di Jakarta berasal dari massa aksi provinsi Banten, DkI Jakarta dan Jawa Barat, 3. Untuk wilayah selain 3 provinsi tersebut peringatan May day 2017 dilakukan di depan Kantor Gubernur masing-masing, 4. May Day bukan PERAYAAN melainkan PERINGATAN PERJUANGAN PEKERJA/BURUH maka harus dilakukan dengan komitmen dan kesadaran yang tinggi, untuk itu tidak diperkenankan adanya tindakan sweeping, penutupan jalan tol dan tindakan-tindakan lainnya yang mengarah kepada tindakan kriminal. Titik kumpul untuk massa aksi dari provinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat adalah di Patung Kuda pukul 09.00 WIB.

Baca juga:  PERBEDAAN DPLK DAN DPPK

Adapun tuntutan SPN dalam peringatan May Day 2017 adalah : 1. Tegakkan supremasi hukum, 2. Tolak PP No 78 Tahun 2015, 3. Hapuskan status pekerja kontrak dan outsoursing, 4. Tolak PHK terselubung yang menggantikan status pekerja tetap menjadi PKWT, 5. Ratifikasi Konvensi ILO No 183 tentang cuti 14 minggu. 

Untuk keperluan aksi demontrasi May Day 2017 DPP SPN telah mempersiapkan banner, spanduk, poster, bendera dan bebrapa hal lain untuk mendukung aksi peringatan tersebut. Semoga momen peringatan May Day 2017 bisa membangkitkan gelora perjuangan para pekerja/buruh dalam menyuarakan aspirasinya guna mewujudkan kehidupan yang lebih berkeadilan dan berkesejahteraan.

Selamat hari buruh 2017……

Shanto Jabar 6/Coed 

Baca juga:  3 INDUSTRI MASIH TUMBUH DALAM MASA PENDEMIK COVID-19