​PSP SPN PT Inti Abadi Kemasindo mengadakan cek payudara dan deteksi kanker serviks untuk anggota.

(SPN News) Bogor, PSP SPN PT Inti Abadi Kemasindo bekerjasama dengan perusahaan dan Puskesmas Citeureup menyelenggarakan cek payudara dan deteksi kanker serviks dengan menggunakan metode IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) bagi karyawan perempuan pada 19 Oktober 2017. Kegiatan ini dilakukan di Poliklinik PT Inti Abadi Kemasindo Komplek CCIC Kampung Muhara Citeureup Kabupaten Bogor.

Dengan melakukan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) dapat mengurangi morbiditas atau mortalitas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada leher rahim.

“Ini bagus, ada organisasi yang mau peduli dengan kesehatan anggota dan karyawannya, sehingga karyawan bisa lebih tahu dan antisipasi dengan dirinya. Di perusahaan lain karyawan periksa sendiri-sendiri tanpa ada yang mengkoordinir” ujar bidan Nina salah satu bidan yang melakukan pemeriksaan.

Baca juga:  DONGKRAK KUALITAS, KAPASITAS DAN KAPABILITAS SERTA KUANTITAS PSP MELALUI PENDIDIKAN

IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin, yang mana pemeriksaan leher rahim (serviks) ini dengan cara melihat langsung leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3-5% secara inspekulo dan dibutuhkan waktu hanya satu hingga dua menit untuk dapat melihat perubahan-perubahan pada jaringan epitel.

“Alhamdulillah positif banget, sekarang ada pemeriksaan seperti ini, khususnya bagi perempuan dengan kerja yang cukup berat takut ada apa-apa, apalagi saya sudah dua kali keguguran. saya sih berharap cek seperti ini bisa terus ada dan kedepannya diadakan cek papsmear” ucap Ibu Marnah salah satu karyawan bagian Circuler.

Baca juga:  KECENDERUNGAN PERUSAHAAN KURANGI PEKERJANYA

Inaken Jabar 7/Editor