PEMBERDAYAAN ANGGOTA KOMITE PEREMPUAN SPN

PEMBERDAYAAN ANGGOTA KOMITE PEREMPUAN SPN

(SPN NEWS) Jakarta 14 Oktober 2016 bertempat dikantor Dewan Pimpinan Pusat SPN (DPP SPN) Komite Perempuan Nasional SPN mengadakan pelatihan lanjutan yang mana sebelumnya sudah mengadakan pelatihan tentang ketrampilan komunikasi. Pelatihan hari ini dikhususkan tentang ketrampilan Loby dan teknik Loby, dengan peserta 16 orang dari Komite Perempuan SPN Banten yang sebenarnya DPP SPN mengundang 3 daerah yaitu Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. DPP SPN mengundang Ibu Iim Zulhijah dari Solidarity Center sebagai fasilitator dalam pelatihan ini, acara dimulai pukul 09.00 WIB dibuka oleh Ibu Darlina.S selaku ketua Bidang Pendidikan dan Program DPP SPN.

“ Sebenarnya kami mengundang 3 daerah namun dikarenakan satu dan lain hal mereka tidak dapat hadir, ini adalah pertemuan atau pelatihan lanjutan yang mana sebelumnya kalian mendapatkan materi tentang ketrampilan komunikasi dan hari ini kalian akan diajarkan ketrampilan loby dan teknik loby baik ditingkat organisasi maupun di pemerintah daerah agar bisa mempengaruhi kebijakan-kebijakan daerah yang tentunya dibahas didaerah. Saya berharap kalian mengikuti pelatihan ini secara utuh dan terus-menerus agar ketrampilan kalian juga utuh. DPP SPN memfasilitasi pelatihan ini berharap bisa bersinergi dengan pelatihan-pelatihan daerah “ ungkap ibu Darlina dalam sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan perkenalan yang dipimpin oleh saudari Siti Nurlatifah selaku Sekretaris Komite Perempuan Nasional bertujuan agar antara peserta yang satu dan yang lain bisa mengenal kemudian dilanjutkan pemberian materi oleh Ibu izah Imzamliyah yang mana fasilitator membagi peserta menjadi 4 kelompok lalu peserta diberikan sebuah permainan. Dalam permainan ini semua sudah ditentukan oleh sistem, peserta tidak terlibat dalam sistem dan peserta juga tidak memiliki waktu untuk menganalisa sistem atau aturan yang ada maka peserta hanya dapat melakukan loby agar dapat merubah atau mempengaruhi kebijakan aturan yang sudah ada sesuai keinginan. Loby dapat dilakukan jika memiliki pengetahuan, keberanian, kesempatan, membela aturan yang akan dirubah untuk merugikan serta merubah aturan untuk kepentingan kita. Cara loby menggunakan pendekatan persuasif , dengan menyediakan argumentasi, fakta , data yang jelas  dan alasan moral.

Pelatihan ditutup pada pukul 15.00 WIB.

 

WIBOWO/Coed

KONTRIBUSI KANTOR PUSAT

TOTAL DANA YANG TERKUMPUL

Rp.323.602.000

Untuk lebih detailnya klik.

Arsip