Pengembangan industri sektor padat karya menjadi salah satu kunci mengatasi pengangguran

(SPN News) Jakarta, Pengembangan industri sektor padat karya menjadi salah satu kunci mengatasi pengangguran di Indonesia. Dikarenakan sektor industri ini menyerap banyak tenaga kerja. Penyerapan tenaga kerja dalam jumlah besar amat penting karena mengatasi pengangguran.

Direktur Persyaratan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Siti Jubaedah mengatakan angkatan kerja di Indonesia sebanyak 136,18 juta jiwa.

“Angkatan kerja tersebut di dominasi oleh pendidikan SMP,” ucapnya pada diskusi yang diselengarakan Forum Diskusi Ekonomi Politik (FDEP) bertema “Menilik Arah Industri Padat Karya pada Pemerintahan yang Baru” yang digelar di Menteng belum lama ini.

Dengan profil angkatan kerja seperti itu, dibutuhkan industri berdaya serap tinggi sekaligus tidak menuntut persyaratan keterampilan kompleks. Tidak banyak industri bisa memenuhi kebutuhan seperti itu dan sektor padat karya bisa menyerap angkatan kerja tersebut.

Baca juga:  MEDIASI KE 3 KASUS PT WOOIN INDONESIA

Karena itu, penting menjaga iklim usaha di sektor industri padat karya agar tetap sehat dan bertumbuh. Gangguan pada sektor ini akan mengurangi kemampuan penyerapan tenaga kerja.

“Jika iklim investasi ditingkatkan, akan meningkatkan hubungan negara, dan industri semakin baik, sehingga pada akhirnya membuka lapangan pekerjaan. Jangan sampai terdapat pengangguran yang bisa menggoyang (kestabilan) masyarakat,” ucap Siti.

Anggota DPR RI Fraksi PKB Faisol Reza menekankan perlunya insentif untuk industri padat karya untuk dapat berkembang. Insentif diperlukan padat karya untuk melindungi ketenagakerjaan.

“Padat karya secara filosofis merupakan jaminan sosial di masyarakat,” ucap Faisol Riza pada kesempatan yang sama.

SN 09 dikutip dari berbagai sumber/Editor

Baca juga:  KEBEBASAN BERSERIKAT