Melalui kegiatan ibadah qurban diharapkan dapat meningkatkan soliditas dan silaturahim antara pengurus dan anggota SPN khususnya dan pekerja pada umumnya

(SPN News) Tangerang, Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu hari besar bagi umat Islam dan diseluruh negeri seluruh umat Islam merayakannya. Begitupun dengan PSP SPN PT Actem Kota Tangerang, perayaan Hari Raya Idul Adha dilakukan dengan mengumandangkan takbir sejak malam menjelang hari raya, melakukan sholat Ied dan terakhir melakukan pemotongan hewan qurban untuk dibagikan kepada para mustahiq atau orang yang membutuhkan.

Dalam merayakan Hari Raya Idul Qurban 2019 yang bertepatan dengan 1440 Hijriah ini PSP SPN PT ACTEM melakukan pemotongan 2 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Seperti yang disampaikan oleh Ketua Panitia Trio Sudiarso tahun ini PT Actem, PSP SPN PT Actem, Koperasi dan pihak-pihak lain berqurban sebanyak 2 ekor sapi dan 3 ekor kambing, sementara ada 3 ekor kambing yang diberikan kepada lingkungan sekitar PT Actem. Yang bertugas memotong hewan qurban adalah Ibnu Masngut. Sedangkan seluruh pelaksanaannya menjadi tanggung jawab PSP SPN. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dari bidang IV yaitu Kerohanian dengan Thohirudin sebagai penanggung jawabnya.

Baca juga:  DEWAN PENGUPAHAN KOTA PEKALONGAN BELUM SEPAKAT KENAIKAN UMK 2020

Menurut mantan Ketua PSP SPN periode 2004 – 2013 Ibnu Masngut bahwa pelaksanaan ibadah penyembelihan hewan qurban sudah menjadi tradisi. Pada awalnya hewan yang disembelih adalah kambing, tetapi pada sekitar tahun 2000an menjelang hari raya Idul Adha terjadi bencana banjir parah di daerah Rajek yang tentu saja berdampak buruh bagi anggota dan keluarga. Oleh karena itu PSP SPN melakukan negosiasi kepada perusahaan agar selain memberikan bantuan tetapi juga mengganti hewan qurban dengan sapi untuk membantu meringankan derita anggota dan keluarganya.

Oleh karena itu Ibnu Masngut berpesan kepada anggota untuk tidak melupakan sejarah dan upaya yang telah dilakukan oleh PSP SPN, karena sejatinya semua hal itu melalui proses yang tentu saja tidak mudah.

Baca juga:  AKIBAT PERSEDIAN MAKANAN MENIPIS, PEKERJA PT IMIP DIPULANGKAN

SN 09/Editor