(SPN News) Jakarta, bertempat di Kantor Sekretariat KSPI, tim media KSPI yang terdiri dari tim media FSPMI dan SPN mengadakan diskusi dengan Direktur Komunikasi IndustriALL sister Petra Brannmark, Direktur Komunikasi Trade Union (serikat buruh) Pro dari Finlandia sister Jaana Aaltonen, brother Marco dan sister Tanya jurnalis dari Finlandia yang sudah 4 tahun tinggal di Indonesia, bung Vonny Diananto Regional Officer SEAO Office Singapura, bung Kahar Vice Presiden Media KSPI dan bung M Sahal sebagai moderator. Tujuan dari diskusi ini adalah untuk berbagi pengalaman dari tim media dan mencari solusi tentang bagaimana mengembangkan media buruh secara lebih efektif.


Pertemuan dimulai pukul 10.15 WIB, dipandu oleh bung M Sahal, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang media FSPMI oleh bung Kahar. Setelah selesai pemaparan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab diantaranya membahas tentang struktur tim media baik itu FSPMI dan SPN. Ditanyakan juga bagaimana tim media KSPI memperoleh berita, media apa yang dikelola dan menggunakan media sosial aja. Pada dasarnya apa yang telah dilakukan oleh tim media KSPI, media IndustriALL dan Trade Union Pro Finlandia hampir sama, selain web mereka juga mempergunakan media sosial baik Facebook, Twitter dll.

Baca juga:  BEGINI SEHARUSNYA YANG DILAKUKAN PSP SPN untuk ANGGOTA

Dibahas juga tentang kebebasan pers di Indonesia yang masih kurang, berita palsu dan ujaran kebencian. Tim media memang harus mencari cara efektif agar untuk mengatasi itu semua, selain itu tantangan terbesar tim media adalah bagaimana menarik minat anggota untuk membaca media buruhnya masing-masing.

Shanto/Coed