Seminar nasional SPN dalam rangka mewujudkan kepastian jaminan sosial

(SPNEWS) Bandung, bertempat di Hotel V Bandung sebelum pembukaan dan pelaksanaan Majelis Nasional (Majenas) II Serikat Pekerja Nasional (SPN) dilaksanakan seminar nasional dengan tema “Membangun Transparansi Menuju Jaminan Sosial Semesta”. Seminar ini diikuti oleh peserta yang meruapakan delegasi Majenas dan merupakan rangkaian dari agenda Majenas II SPN.

Yang menjadi narasumber dari seminar ini adalah Dyah Larasati dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Nasional (TNP2K), Sudi Astono dari Kementerian Ketenagakerjaan yang melakukan secara virtual, dan Dodo Suharto dari BPJAMSOSTEK serta Ramidi dari DPP SPN yang menyampaikan secara tatap muka langsung.

Ramidi dalam paparannya menyatakan bahwa perlu adanya kepastian jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia seperti yang menjadi amanat dari UUD 1945 dan itu meruapakan keniscayaan.

Baca juga:  PELAKU INDUSTRI PERKEBUNAN AKAN MENGHAPUS PEKERJA ANAK

Sementara itu Dyah Larasati menyampaikan bahwa TNP2K telah merekomendasikan perluasan jaminan sosial ketenagakerjaan dan bantuan/tunjungan lansia. Dan mendorong peranan SP/ dalam perluasan kepastian jaminan sosial ketenagakerjaan.

Adapun Sudi Astono lebih kepada menyampaikan apa yang menjadi tugas kewenangan dari pengawasan ketenagakerjaan dan Dodo Suharto menjelaskan tentang capain BPJAMSOSTEK dan transparansi BPJAMSOSTEK dalam membangun jaminan sosial semesta.

SN 09/Editor