Seminar Nasional Serikat Pekerja Nasional

(SPNEWS) Cirebon, bertempat di Hotel Amaris Cirebon pada (5/7/2022) Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Nasional (DPP SPN) mengadakan seminar tentang jaminan sosial ketenagakerjaan dengan judul Laksanakan Jaminan Sosial Semesta Sepanjang Hayat. Seminar ini diikuti oleh peserta dari perwakilan PSP SPN di Cirebon dan Majalengka. Dalam seminar ini hadir Tenaga Ahli dari Kantor Staf Presiden Fajar Dwi Wishnuwardhani, Asisten lembaga Deputi Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan Indrajid Nurmukti, dan juga dihadiri Ketua Umum DPP SPN Djoko Heriono, S.H serta pengurus DPP lainnya.

Djoko Heriono, S.H dalam pembukaannya mengatakan bahwa Jamianan Sosial Semesta Sepanjang Hayat (JS3H) Jaminan sosial adalah bentuk perlindungan terhadap rakyat dari segala resiko yang kemungkinan akan dihadapi. Jaminan sosial merupakan bagian terpenting dari sistem perlindungan sosial karena harus mencakup semua keluarga dalam seluruh lapisan masyarakat. Jaminan sosial yang ada harus dapat menjawab semua resiko yang muncul dalam setiap tingkatan usia sehingga dapat meminimalisir dampak kemiskinan yang timbul akibat dari resiko yang muncul dalam setiap tingkatan usia serta faktor-faktor yang muncul dari luar seperti guncangan ekonomi, bencana alam, isu kesehatan, pasar kerja dan disablitas.

Baca juga:  BURUH DIANTARA KEBUTUHAN, HAK DAN KEWAJIBAN

Fajar Dwi Wishnuwarhani mengatakan bahwa pemerintah berkomitmen untuk menbuat suatu sistem jaminan sosial yang dapat mencakup semua tingakatan usia. Hal ini terbukti dengan terbitnya Intruksi Presiden No 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan Inpres No 1 Tahun 2022 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Sedangkan dari BPJS Ketenagakerjaan menyampaikan tentang berbagai program manfaat yang didapat dari program BPJS Ketenagakerjaan.

SN 09/Editor