KELOMPOK 1-ALDIDA NUR HIDAYATI

Karanganyar – Indonesia saat ini sedang melalui fase pemulihan pasca pandemi, setelah melalui pandemi covid-19 selama 2 tahun. Presiden Indonesia menetapkan tahun ketiga ini sebagai tahun awal pemulihan bagi Indonesia. Untuk itu bagi mahasiswa pun KKN sudah dimulai kembali berbasis offline, bukan lagi online. Unisri saat ini menerapkan KKNT ( Kuliah Kerja Nyata Tematik ) MBKM ( Merdeka Belajar Kampus Merdeka ), dimana berbagai bentuk kegiatan belajar diluar perguruan tinggi, diantaranya melaksanakan proyek pengabdian kepada masyarakat di desa dan mengajar di satuan pendidikan pun dapat dilaksanakan.

Pelatihan ini merupakan program kerja mandiri salah satu mahasiswa KKN universitas Slamet Riyadi kelompok 1 bernama Aldida Nur Hidayati NPM. 21211044, dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bapak Dr. Hudi Kurniawanto, S.E., M.M yang dilaksanakan di SMAN Kerjo, Ds. Sumberejo, Kec. Kerjo, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah dan SDN 01 Botok, Ds. Botok, Kec. Kerjo, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Pelatihan ini ditujukkan kepada siswa/i kelas 12 SMA dan 5 SD. Dimana tingkat SMA pelatihan mengenai pembuatan makalah dan tingkat SD pendampingan uji coba chromebook. Semua pelatihan ini dilaksanakan secara offline atau bertatap muka di asal sekolah masing-masing. Kedua program kerja ini dilaksanakan di waktu yang berbeda.

Baca juga:  CUKAI ROKOK NAIK 12,5 PERSEN

Program kerja pertama adalah pendampingan uji coba chromebook yang dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2022 pukul 09.00 WIB. Dengan jumlah 25 siswa/i. Kegiatan diawali dengan pembagian chromebook. Dilanjutkan dengan sedikit pengarahan dan bimbingan mengenai cara masuk atau login ke dalam situs web. Selanjutnya para siswa/i mengerjakan soal uji coba yang tersedia di chromebook. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan, foto bersama murid, guru, dan jamuan makan siang oleh ibu kepala sekolah.
Program kerja kedua adalah pelatihan pembuatan makalah yang dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2022 pukul 10.15 WIB. Dengan jumlah 32 siswa/i. Kegiatan diawali dengan pembukaan, lalu penyampaian materi mengenai karya tulis ilmiah, selanjutnya praktek mengenai cara pembuatan makalah melalui proyektor, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan, foto bersama murid dan wakil kepala sekolah.

Baca juga:  ADVOKASI PENCAIRAN DANA JHT DI KABUPATEN PEKALONGAN

Secara keseluruhan, kedua Proker yang telah terlaksana ini berjalan dengan baik, lancar, serta mendapatkan respon yang sangat baik dari pihak sekolah terkait. Pihak mahasiswa pun berharap jalinan kerjasama dan silaturahmi yang telah terbentuk akan tetap terjalin dengan baik dan mampu membentuk jalinan baru dengan mahasiswa-mahasiswa setelah kami.