Foto diambil dari rekaman video kebakaran di tungku smelter PT Sulawesi Mining Investment (SMI) kawasan IMIP, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah

Kebakaran tungku smelter kembali terjadi di kawasan IMIP, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Kali ini, kebakaran terjadi di pabrik PT Sulawesi Mining Investment (SMI) pada Jumat malam, 19 Januari 2024.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 20.45 WITA. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, tetapi dua orang operator crane yang bekerja di dekat lokasi kebakaran terkena asap sehingga agak sesak napas. “Sudah ditangani medis dan kondisinya bagus tidak ada masalah,” ujar Kapolres Morowali AKBP Suprianto saat dihubungi media pada Sabtu (20/1/2024).

Penyebab kebakaran masih belum diketahui. Kapolres Morowali AKBP Suprianto mengatakan pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran itu.

Baca juga:  SOSIALISASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN-KIS)

Insiden ini menjadi yang kedua kalinya dalam kurun waktu kurang dari dua bulan. Sebelumnya, kebakaran tungku smelter juga sempat terjadi di kawasan IMIP. Kebakaran terjadi di pabrik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) pada Minggu, 24 Desember 2023. Insiden tersebut merenggut nyawa 21 pekerja.

Kebakaran tungku smelter yang kembali terjadi di kawasan IMIP menunjukkan bahwa investasi asing di Indonesia masih belum sepenuhnya memperhatikan aspek keselamatan kerja. Hal ini tentu menjadi kekhawatiran bagi masyarakat, terutama para pekerja di industri smelter.

SN-01/Berbagai Sumber