KP SPN DKI Jakarta melakukan pemetaan terhadap banyaknya kasus kekerasan dan pelecehan seksual di tempat kerja.

(SPN News) Jakarta, Bertempat di Kantor DPCSPN Jakarta Utara, KP DKI Jakarta mengadakan pelatihan tentang Kekerasan Berbasis Gender. Kegiatan diadakan pada Jum’at (11/10) dengan tujuan membangun kesadaran pekerja perempuan terhadap bentuk-bentuk kekerasan dan pelecehan seksual di tempat kerja. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan pengurus perempuan dan tindaklanjut dari kegiatan workshop Komite Perempuan Nasional pada 3-4 Oktober 2019 di Puncak, Bogor.

Hadir sebagai pembicara yaitu Ketua Bidang Perempuan dan Anak DPP SPN, Sumiati. Sementara peserta yang hadir dari perwakilan Komite Perempuan di tingkat PSP. Dalam kegiatan ini disampaikan pentingnya menginventarisir data kekerasan dan pelecehan di tempat kerja sebagai dasar untuk tindaklanjut dan antisipasi dari kasus-kasus tersebut.

Baca juga:  MANGKRAKNYA PERDA KETENAGAKERJAAN DAN UMSK DI KABUPATEN BANDUNG BARAT

“Diperlukan adanya pemetaan kasus kekerasan dan pelecehan di tempat kerja, sehingga bisa diklasifikasi. Karena bentuk kekerasan dan pelecehan itu begitu luas, “tutur Siti Sa’ano, Ketua KP DKI Jakarta.

Menindaklanjuti rencana pemetaan tersebut sekaligus membangun basis data, dalam kegiatan ini dibentuk Tim Fase Circle. Tim ini bertugas untuk mendata kasus kekerasan dan pelecehan di tempat kerja. Tim juga sudah mengagendakan pertemuan lanjutan sebagai bentuk komitmen terhadap program kerja KP khususnya Provinsi DKI Jakarta.

SN 07/Editor