(SPN News) Serang, Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Nasional (DPC-SPN)  Kabupaten Serang Bidang Pendidikan dan Latihan menyelenggarakan Pendidikan Capacity Building bagi para pengurus baru di tingkat basis. Acara ini diselenggarakan Sabtu dan Minggu (19 – 20/11/2016) bertempat di Lembah Bukit Hijau (LBH) Mancak Serang. Diklat Capacity Building ini dibuka dengan upacara bendera pada pukul 15.00 WIB.

Dalam sambutannya, bung Suprihat menekankan bahwa pendidikan ini untuk memacu semangat pengurus baru dalam menjalankan roda organisasi, “Tantangan terberat kawan-kawan di basis adalah meyakinkan perusahaan dan mengajak kawan yang lainnya untuk menjadi anggota, karena organisasi ini berjalan dari iuran anggotanya”, lebih lanjut beliau mengatakan bahwa jalannya organisasi terletak dari bagaimana para pengurusnya.

Seperti yang telah diketahui Tim Organizer DPC- SPN Kabupaten Serang sejak 5 bulan yang lalu sedang giat-giatnya mengorganisir beberapa pekerja di beberapa perusahaan di wilayah Serang Timur, hasilnya Ratusan pekerja di 6 Perusahaan berhasil masuk menjadi anggota SPN dan membentuk Pimpinan Serikat Pekerja Serikat Pekerja Serikat Nasional (PSP-SPN) dan telah terdaftar di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Serang. Adapun PSP SPN yang baru terbentuk tersebut adalah PSP SPN PT Vita Prodana, PSP SPN PT Luhai Industri, PSP SPN PT United Kingland, PSP SPN PT Tozen, PSP SPN PT Shiva Sakti Steel, dan  PSP SPN PT Aneka Baja Abadi.

Baca juga:  SIDANG PARIPURNA MAJENAS SPN II

Sebagaimana layaknya sebuah organisasi yang besar, SPN selalu membekali para pengurusnya dengan aneka kemampuan sistem manajerial, salah satunya adalah pengembangan kemampuan kapasitas sebagai seorang pengurus serikat pekerja yang dituntut mampu menguasai strategi, kebijakan, peraturan dll. Diklat ini mengambil Thema “ Kuatnya Tim Kerja Berawal Dari kerja Tim yang Profesional “ diikuti oleh 57 peserta, 10 pengurus DPC, dan  11 orang Tim Fasilitator dari berbagai PSP. Disamping Enam PSP yang baru terbentuk tersebut, juga diikuti oleh Perwakilan dari PSP SPN PT Century Metalindo, dan PSP SPN PT Nikomas Gemilang.

Perkenalan materi dimulai dengan berbagi pengalaman tentang jatuh bangunnya membangun sebuah serikat di tingkat basis, kali ini di sampaikan oleh bung Asep selaku ketua PSP SPN PT Hwa Hook Steel yang menceritakan bagaimana meyakinkan perusahaan dan tantangannya, dari dimutasi kebagian lain sampai tidak diberikannya izin untuk mengikuti aneka kegiatan organisasi, bahkan sampai dipersulit dan di ancam PHK, namun itu semua dilalui dengan keyakinan dan terus menjalin komunikasi dengan perusahaan sampai akhirnya semua kemudahan yang diperlukan Organisasi didapatnya.

Selanjutnya adalah penyampaian materi narasumber yakni ketua DPC SPN Kabupaten Serang bapak Asep Saepulloh SH, MM. Materi yang diberikan meliputi pembekalan Pendidikan Organisasi Dasar, pengenalan AD/ART, seni memimpin dan kepemimpinan, serta pengetahuan tentang  dunia perburuhan, acara hari pertama ditutup sampai pukul 22:00 WIB.

Baca juga:  NASIB GURU HONORER

Hari kedua pelatihan dilanjutkan dengan kegiatan Outbound untuk mempraktikan materi yang telah disampaikan hari pertama, disamping dengan aneka tantangan yang mempresentasikan kejadian nyata di dunia organisasi juga untuk membentuk rasa kebersamaan dan tanggung jawab, diantaranya halang rintang, mouse trap, jaring laba-laba, kereta buta, dan tak kalah susahnya adalah pengambilan api suci yang benar-benar mempraktikan kepemimpinan, kebersamaan, tanggung  jawab, saling melindungi dan kerjasama.

Bagi seluruh peserta kegiatan ini baru pertama kali diikuti, tanggapan dari seluruh peserta sangat positif, diantaranya dari Kevin Entony selaku Sekretaris bidang keuangan PSP SPN PT Aneka Baja Abadi yang berharap nantinya akan semakin banyak pekerja yang sadar untuk menjadi anggota serikat, karena dengan bersatu dalam serikat akan menjadikan kita semakin kuat dan semakin mensejahterakan, harapan lainnya diungkapkan oleh Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak PSP SPN PT Tozen, Nurmaini yang mengharapkan pelatihan-pelatihan tentang organisasi lebih di giatkan untuk menambah pengetahuan dan kemampuan. Tepat pukul 15:00 bbw acara ditutup dengan evaluasi kegiatan dan kontrak rencana tindak lanjut, khususnya dalam perekrutan anggota dan pemberian sertifikat.

 

Azis Serang/Coed