(SPNEWS) Tangerang, pada (20 September 2022) PSP SPN  PT Pan Brothers Tbk  bertempat di Ruang Serbaguna PT Pan Brothers Tbk melakukan penyuluhan kesehatan mata dengan tema “Deteksi Dini Katarak” .Penyuluhan kesehatan ini merupakan program kerja bidang kesra dan perempuan. Program ini terselenggara berkat kerjasama PSP SPN PT Pan Brothers Tbk dan Rumah Sakit Bunda Sejati.

Penyuluhan ini dikuti oleh 70 orang peserta yang berusia 45 tahun ke atas dari factory dan sebagian office PT Pan BerotherTbk. Sebelum pemeriksaan terlebih dahulu dilakukan edukasi kepada peserta. Narasumber Dr. Qori dalam pemaparannya menyampaikan penyebab katarak karena proses penuaan, diabetes, kebiasaan merokok, trauma fisik, bawaan lahir dan paparan sinar matahari langsung .

Baca juga:  PENINGKATAN INDUSTRI TEKSTIL RAYON

Menurut DR. Qori tanda-tanda katarak penglihatan kabur, suram, atau seperti berasap, ada lingkaran putih saat memandang sinar, sulit memandang di malam hari, sangat sensitif terhadap cahaya dan penglihatan menjadi ganda.

Dalam pemeriksaan ini diketemukan beberapa anggota yang sudah terdeteksi ada kelainan di mata dan langsung dirujuk ke spesialis mata untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dalam serangkaian pemeriksaan tidak ditemukan penderita katarak dengan rujukan operasi. Setiap peserta mendapatkan cinderamata berupa goody bag.

Rukati/Editor