Foto Istimewa

(SPNEWS) Yogyakarta, Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pekerja Nasional (DPD SPN) DI Yogyakarta, Dewan Pimpinan Cabang Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPC KSPSI ) bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul menggelar peringatan May Day atau Hari Buruh ke- 37 Tahun 2023 dengan jalan sehat dan sarasehat sekaligus napak tilas Pahlawan Jenderal Soedirman dan Pangeran Diponegoro yang di pusatkan di Objek Wisata Goa Selarong Pajangan Bantul , (7/5/2023).

Kegiatan yang diikuti lebih dari 500 personel perwakilan pekerja/buruh seluruh Bantul ini menurut Ketua DPC KSPSI Bantul yang juga sebagai panitia May Day Bantul, Fardhanatun, kegiatan ini sebagai pengganti kegiatan yang mestinya digelar 1 Mei 2023 lalu. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo, Kepala Disnakertrans Bantul Istirul Widilastuti.

Baca juga:  HARI PEMBERANTASAN KEMISKINAN SEDUNIA

Dalam kesempatan sarasehan di May Day itu, Fardhanatun menyampaikan “uneg- uneg” kepada pemerintah melalui Wakil Bupati Bantul, agar pemerintah memperjuangkan kaum buruh atau pekerja, bisanya kaum buruh mendapatkan jaminan kesehatan dan pendidikan gratis.”Dua point beaya hidup untuk kesehatan dan pendidikan anak ini yang dirasa cukup memberatkan bagi kaum buruh,” ungkapnya.

Menanggapi keluhan pekerja/buruh tersebut, Wakil Bupati sangat merespon, untuk itu keluhan yang disampaikan karyawan swasta itu akan disampaikan ke pemerintah yang berwenang. ” Secara pribadi saya sangat mendukung dan merespont usulan itu, karena memang pendidikan dan kesehatan merupakan kebutuhan yang penting bagi setiap keluarga,” ungkapnya.

Terkait dengan jaminan kesehatan, Joko Purnomo menjamin bagi warga yang belum mempunyai Kartu indonesia Sehat ( KIS) bisa langsung datang ke Kantor Wakil Bupati Bantul dengan membawa Foto Kopi KTP atau KK, Wakil Bupati akan membantu untuk mendapatkan KIS.

Baca juga:  PELAKU INDUSTRI PERKEBUNAN AKAN MENGHAPUS PEKERJA ANAK

Sementara Kepala Disnakertrans Bantul Istirul Widilastuti mengapresiasi kegiatan May Day yang digelar dengan jalan sehat dan sarasehan tanpa turun ke jalan. “Kegiatan ini sangat bagus , bisa menjaga Bantul tetap kondusif,” paparnya.

SN 13/Editor