BOS HANTONG PRECISION MANUFACTUFING BATAM KABUR

BOS HANTONG PRECISION MANUFACTUFING BATAM KABUR

Melalaikan kewajibannya untuk membayar upah dan THR

(SPN News) Batam, Sebanyak 94 karyawan PT Hantong Precision Manufacturing di Batuampar, Batam, terancam tak menerima gaji bulan Mei dan tunjangan hari raya (THR) pada Lebaran tahun ini. Sebab bos perusahaan asal Singapura itu, Jannet Lim, kabur dengan membawa semua uang perusahaan.

Karyawan PT Hantong Precision Manufacturing, Adrizal, mengatakan kaburnya Jannet Lim diketahui pada Selasa (5/6) lalu. Sebab, hari itu, merupakan hari dimana para karyawan menerima gaji. Biasanya gaji karyawan sudah masuk rekening sekitar pukul 11.00 WIB. Namun, hingga pukul 13.00 WIB, Jannet Lim tidak kunjung datang. Karena penasaran, bagian keuangan dan sejumlah staf perusahaan mengecek ke bank. “Kami mau memastikan masih ada apa enggak uangnya, ternyata sudah tidak ada uang itu,” tuturnya. Ternyata, uang di rekening perusahaan PT Hantong sudah dikuras pada Senin (4/6).

Selain menghubungi melalui telepon seluler, karyawan juga mencoba mencari tahu keberadaan Jannet dengan mengontak kantor pusat PT Hantong di Singapura. Juga cabang perusahaan di Malaysia. Namun hasilnya tetap nihil.

Adri menjelaskan, saat ini 94 karyawan PT Hantong Precision Manufacturing belum menerima gaji bulan Mei serta tunjangan hari raya (THR). Totalnya mencapai Rp 620 juta.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam, Rudi Sakyakirti, mengakui belum menerima pengaduan tertulis terkait nasib yang menimpa 94 karyawan PT Hantong Precision Manufacturing di Batuampar. “Tertulis belum, namun lisan sudah,” kata dia, Kamis (7/6).

Salah satu solusi yang akan ditempuh adalah menemui perusahaan yang menjadi konsumen PT Hantong.
“Jadi kan ada tiga perusahaan yang terkoneksi dengan Hantong ini. Mereka membutuhkan barang yang diproduksi Hantong untuk menunjang produksi perusahaan mereka. Mana tahu barangnya ada di Hantong dan mereka belum bayar, jadi uangnya bisa membayar gaji mereka,” beber Rudi.

Shanto dikutip dari Batampos.co.id/Editor

KONTRIBUSI KANTOR PUSAT

TOTAL DANA YANG TERKUMPUL

Rp.323.102.000

Untuk lebih detailnya klik.

Arsip